Dampak Buruk Stres Bisa Dikurangi dengan Olahraga

Tak hanya membuat badan jadi lebih bugar, tapi juga bisa menurunkan dampak buruk akibat stres.

oleh Benedikta Desideria diperbarui 06 Nov 2016, 16:00 WIB
Ternyata ini waktu berolahraga yang paling tepat. Foto: Marieclaire.co.uk.

Liputan6.com, New York- Bagi Anda yang bekerja kantoran, ada baiknya menyempatkan waktu untuk berolahraga. Tak hanya membuat badan jadi lebih bugar, olahraga juga bisa menurunkan dampak buruk akibat stres.

Seperti kita ketahui, stres bisa meningkatkan tekanan darah hingga membuat mual. Namun studi yang dipublikasikan dalam Medicine and Science in Sports and Exercise menyebutkan, rutin berolahraga merupakan salah satu cara untuk meringankan masalah kesehatan akibat stres bekerja.

Fakta menarik ini diketahui setelah peneliti mempelajari tingkat stres 200 pekerja di Swedia. Mereka lalu mengevaluasi kesehatan jantung, tekanan darah, berat badan, kolesterol, serta tingkat kebugaran para pekerja.

Melansir Time, Minggu (6/11/2016) rupanya orang-orang yang stres memiliki risiko terkena penyakit jantung lebih besar. Namun orang-orang yang lebih bugar risiko terkena penyakit jantung menurun.

Peneliti berpendapat hal tersebut bisa terjadi karena orang yang bugar itu rajin berolahraga. Namun kebugaran tubuh yang dimiliki memiliki dampak menurunkan stres.

Melihat manfaat baik dari olahraga, masih butuh alasan untuk mulai berolahraga? Tentu tidak bukan. 

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya