Persiapan Matang, Arus Balik Tol Cipali Lancar

PT Lintas Marga Sedaya juga menambah petugas untuk antisipasi arus balik libur Paskah.

oleh Agustina Melani diperbarui 28 Mar 2016, 19:00 WIB
Ratusan mobil memadati arus tol Cipali, Jawa barat, Rabu (15/7/2015). Tol yang menghubungkan antara jakarta dan Jawa Barat ini sudah padat sejak kemarin. (Liputan6.com/Herman Zakharia)

Liputan6.com, Jakarta - Upaya PT Lintas Marga Sedaya (LMS), pengelola jalan tol Cikopo-Palimanan (Cipali), dalam mengantisipasi lonjakan arus balik libur Paskah pada Minggu-Senin, 27-28 Maret 2016 membuahkan hasil positif.

Arus balik kendaraan di jalan tol Cipali terpantau lancar, walau terus mengalir sejak Minggu siang.
Sebelumnya tercatat jumlah kendaraan yang masuk di Gerbang Tol (GT) Cikopo saat arus mudik pada Kamis, 24 Maret 2016 dan Jumat, 25 Maret 2016 masing-masing sebesar 27.700 dan 24.900 kendaraan.

Arus balik sudah mulai terpantau pada Sabtu, 26 Maret 2016, dengan jumlah kendaraan yang keluar di GT Cikopo menuju arah Jakarta sebesar 20.100 kendaraan.

Sesuai prediksi, puncak arus balik terjadi pada Minggu, 27 Maret 2016 hingga Senin pagi yang tercatat sekitar 34.900 kendaraan yang keluar di GT Cikopo. Meskipun demikian, tidak terjadi antrian yang berarti di gerbang-gerbang tol Cipali.

Wakil Direktur Utama PT Lintas Marga Sedaya, Hudaya Arryanto mengatakan tidak terjadi antrean panjang, baik di pintu masuk GT Palimanan maupun pintu keluar GT Cikopo. Arus lalu lintas di gerbang tol maupun di jalur tol bahkan dapat dikatakan lancar.

"Langkah kami dalam mengantisipasi lonjakan arus balik dengan menambah petugas pengumpul tol, menambah jumlah gardu operasi di gerbang-gerbang utama tol Cipali serta menambah persediaan uang kembalian pada masa libur panjang ini, ternyata efektif dalam mengelola arus kendaraan," jelas Hudaya dalam keterangan tertulis, Senin (28/3/2016).

Dalam mengantisipasi lonjakan jumlah kendaraan di libur Paskah ini, LMS menambah jumlah petugas gardu tol hingga 40 persen di gerbang tol Cikopo dan Palimanan.

LMS juga membuka maksimal gardu-gardu tol, yaitu 15 gardu di GT Cikopo dan 11 gardu di Palimanan. Jumlah ini masih ditambah lagi dengan 6 gardu satelit tambahan.

Lancarnya arus balik juga terbantu oleh relatif meratanya distribusi kedatangan pengguna jalan di tol Cipali. Arus keluar di GT Cikopo terpantau merata di kisaran 1.500 – 2.200 kendaraan per jam sejak pukul 11.00 siang pada Minggu, 27 Maret 2016, hingga pukul 03.00 dini hari Senin, 28 Maret 2016.

"Kami bersyukur kesigapan para petugas kami di lapangan serta kerja sama yang baik dengan pihak Kepolisian dalam pengaturan lalu lintas dapat mengantisipasi dengan baik arus balik libur Paskah yang merupakan long weekend ini. Kelancaran lalu lintas di tol Cipali ini juga tidak terlepas dari partisipasi masyarakat pengguna jalan yang telah menjadwalkan perjalanannya sehingga tidak menumpuk dalam satu waktu. Kami berharap para pengguna jalan dapat terus merasakan manfaat dan kenyamanan berkendara dalam menggunakan tol Cipali," jelas Hudaya.

Sebagai salah satu bentuk peningkatan layanan, PT Lintas Marga Sedaya berencana untuk mengadakan kegiatan bertema "Bulan Diskon Truk Cipali Hoki" pada April mendatang.

Program ini merupakan program diskon bagi kendaraan-kendaraan truk Golongan II - V untuk mereka dapat menikmati diskon tarif tol hingga 30 persen. (Ahm/Ndw)

 

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya