Jokowi Resmikan Bandara Rembele Aceh

Selama ini akses menuju Kabupaten Bener Meriah hanya bisa diakses melalui jalur udara maupun darat.

oleh Silvanus Alvin diperbarui 02 Mar 2016, 08:29 WIB
Jokowi mendekat ‎dan memenuhi permintaan para ibu-ibu foto bersama, bukan selfie.

Liputan6.com, Jakarta - Presiden Joko Widodo akan meresmikan Bandar Udara Rembele, Desa Bale Atu, kecamatan Bukit, kabupaten Bener Merah, Aceh hari ini, Rabu (2/3/2016). Untuk menuju ke lokasi, Jokowi dan rombongan menggunakan pesawat CN-295 dari Bandar Udara (Bandara) Kualanamu, Kabupaten Deli Serdang, Sumatera Utara.

Selama ini, akses menuju Kabupaten Bener Meriah hanya bisa diakses melalui jalur udara maupun darat. Jika menggunakan jalur darat, bisa ditempuh dalam waktu 6 jam dari Banda Aceh dan 8 jam dari Medan. Sementara jika melalui jalur udara, hanya bisa menggunakan pesawat kecil.

Kini landasan Bandara Rembele telah diperluas menjadi 30 x 2.250 meter dari semula 30 x 1.400 meter. Selain itu, apron diperluas menjadi 95 x 150 meter dari semula 80 x 106 meter. Dengan perluasan yang dilakukan, Bandara Rembele kini dapat didarati pesawat Boeing 737.


Kemudian, usai meresmikan Bandara Rembele, Jokowi kembali ke Bandara Kualanamu untuk melanjutkan kunjungan kerja di wilayah Sumatera Utara.

Dari Kualanamu, Jokowi akan meninjau pembangunan Jalan Tol Medan-Kualanamu-Tebing Tinggi. ‎

Kemudian, Jokowi meninjau pembangunan Revitalisasi Jalur Kereta Api Trans Sumatera Medan-Aceh antara Stasiun Binjai-Stasiun Besitang sepanjang 80 km dan ground breaking pembangunan jalan layang kereta di kota Medan antara Stasiun Medan-Stasiun Bandar Khalipah sepanjang 8 km.

Dalam kunjungannya ini, Jokowi didampingi menteri PUPR Basuki Hadimoeljono, Seskab Pramono Anung, dan anggota DPD RI Parlindungan Purba.

Rekomendasi

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya