Batu Safir Biru Terbesar di Dunia Senilai Rp 2,43 Triliun

Batu safir biru terbesar di dunia berhasil ditemukan di sebuah tambang yang berada di Sri Lanka.

oleh Vina A Muliana diperbarui 09 Jan 2016, 07:01 WIB
Batu tersebut diambil dari tambang di kota Ratnapura yang biasa dikenal dengan sebutan “City of Gems” atau Kota Batu Mulia.

Liputan6.com, Jakarta - Batu safir biru terbesar di dunia berhasil ditemukan di sebuah tambang yang berada di Sri Lanka. Peneliti dari Gemmological Institute of Colombo menuturkan bahwa batu tersebut telah disertifikasi dan memecahkan rekor berat mencapai 1.404,49 karat atau setara dengan 10 ounces.

Batu berwarna biru tersebut dibanderol dengan harga sekurang-kurangnya US$ 100 juta. Namun pemiliknya sekarang mengatakan bahwa batu safir itu setidaknya memiliki nilai mencapai US$ 175 juta atau setara dengan Rp 2,43 triliun apabila dilelang.

The 1,404-carat blue star sapphire, which was mined near Ratnapura in the South of Sri Lanka, is the largest of its kind in the world. Its new owner has nicknamed it the Star of Adam, inspired by a Muslim belief that says Adam came to Sri Lanka when he was banned from the Garden of Eden

“Sejak pertama kali saya melihatnya, saya langsung tertarik dan langsung memutuskan untuk membelinya,” tutur pemilik dari batu safir tersebut yang menolak untuk disebutkan namanya seperti dilansir dari CNBC, Sabtu  (8/1/2016).

Pemilik batu mewah itu juga menuturkan bahwa ia lebih melihat batu mewah itu sebagai sebuah barang langka dibandingkan sebagai ‘perhiasan’

Ia juga memberi nama batu tersebut sebagai “The Star of Adam,” terinspirasi dari perjalanan Adam yang diusir dari surga karena memakan buah kuldi. 

Foto dok. Liputan6.com

Batu tersebut diambil dari tambang di Kota Ratnapura yang biasa dikenal dengan sebutan “City of Gems” atau Kota Batu Mulia.

Selain dibanderol dengan harga yang fantastis, batu mewah tersebut berhasil mengalahkan rekor batu mewah terbesar yang sebelumnya memiliki berat 1.395 karat. (Vna/Ndw)**

Rekomendasi

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya