Dokter Anak Bocorkan Cara Hentikan Bayi Menangis Dalam Sekejap

The hold adalah tehnik yang mudah untuk menghentikan bayi yang menangis dalam hitungan detik

oleh Aditya Eka Prawira diperbarui 03 Des 2015, 13:30 WIB
Seorang bayi menangis dan ingin menghampiri ibunya saat kompetisi 'Bayi Merangkak', Yokohama, Jepang, Senin (23/11/2015). Tingkah bayi yang lucu menjadi pemandangan yang menggemaskan bagi para penonton. (AFP Photo/Kazuhiro Nogi)

Liputan6.com, Jakarta Dokter spesialis anak dari Santa Monica, California, Dr Robert C Hamilton mengunggah satu video berisi cara tepat dan cepat menghentikan bayi yang sedang menangis. Tehnik itu bernama The Hold.

Video yang diunggah pada Minggu (30/11/2015) telah dilihat lebih dari satu juta kali hanya dalam waktu tiga hari saja. Di video itu Hamilton memperagakan bagaimana tehnik The Hold itu bekerja.

Dalam video itu, Hamilton yang telah menjadi dokter anak selama 30 tahun menjadikan pasien bayinya sebagai `kelinci percobaan`.

Tubuh sang bayi yang sedang merengek diangkat lalu di balikkan ke posisi telungkup atau tengkurap (sudut 45 derajat). Kedua tangan sang bayi di letakkan di dada, kemudian jempol dan telunjuk Hamilton menjepit bagian leher sang bayi sedangkan sisa jari lainnya dipakai untuk menahan dada bayi tersebut. Satu tangannya lagi untuk menopang di bagian bokong. Tidak lupa Hamilton mengayunkan secara perlahan tubuh si bayi.

Tehnik itu berhasil. Si bayi berhenti menangis dan merasa nyaman dipegang Hamilton.

"Lakukan semuanya dengan perlahan. Jari yang Anda jepitkan di lehernya haruslah bagian daging, bukan ujung jari. Itu sebabnya saya memegang dia di sudut 45 derajat," kata Hamilton dikutip dari situs Daily Mail, Kamis (3/12/2015)

Beragam komentar pun muncul. Ada yang merasa tertolong namun ada juga yang menganggap cara itu terlalu 'sadis', karena mirip seperti mengangkat anak kucing.

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya