ICBC Group Berikan Pinjaman ke Indonesia Eximbank US$ 500 Juta

Pemberian kredit di masa yang akan datang dapat juga dalam bentuk mata uang Renminbi.

oleh Ilyas Istianur Praditya diperbarui 22 Sep 2015, 20:42 WIB
Bank (Istimewa)

Liputan6.com, Jakarta - ICBC Group memberikan pinjaman club deal kepada Indonesia Eximbank dengan total nilai US$ 500 juta. Pinjaman tersebut untuk memenuhi pembiayaan kegiatan pendukung perdagangan luar negeri. Dalam pinjaman ini, ICBC Indonesia juga berperan sebagai agen fasilitas dan ICBC Asia berperan sebagai lead arranger.

Presiden Direktur ICBC Indonesia, Shen Xiaoqi menjelaskan,pemberian fasilitas pinjaman tersebut merupakan realisasi tahap awal dari nota kesepakatan pemberian fasilitas kredit senilai US$ 20 miliar yang telah ditandatangani oleh Pemerintah Indonesia, melalui Kementerian BUMN, dengan ICBC Limited, perusahaan induk dari ICBC Asia dan ICBC Indonesia, di Beijing awal tahun ini.

"Dengan tercapainya kesepakatan perjanjian pinjaman ini, ICBC Indonesia kembali menegaskan komitmennya sebagai jembatan finansial antara Indonesia dan China.” jelasnya dalam keterangan tertulis, Selasa (22/9/2015).

Direktur Eksekutif Indonesia Eximbank, Ngalim Sawega menambahkan, kesepakatan tersebut merupakan bukti kepercayaan dari lembaga keuangan internasional kepada Indonesia Eximbank dalam mendapatkan akses pendanaan guna mendukung kegiatan perdagangan luar negeri. 

Terkait dengan bentuk kerjasama di masa mendatang, Direktur ICBC Indonesia, Jeff S.V. Eman, menjelaskan, seiring dengan kerjasama bilateral antara Indonesia dan China yang kian erat, pemberian kredit di masa yang akan datang dapat juga dalam bentuk mata uang Renminbi.

Pemberian fasilitas ini menunjukan dukungan kuat dan peran aktif dari ICBC Group terhadap perkembangan ekonomi Indonesia melalui ICBC Indonesia. (Yas/Gdn)

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya