Kinerja Aparatur Sipil Baik, Yogyakarta Ditunjuk Jadi Percontohan

Pada 6 tahun yang lalu pemerintah daerah Yogyakarta masih menjalankan program tanpa memikirkan hasilnya.

oleh Achmad Dwi Afriyadi diperbarui 10 Sep 2015, 10:25 WIB
Yuddy Chrisnandi (Liputan6.com/Helmi Fithriansyah)

Liputan6.com, Jakarta - Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PAN-RB), Yuddy Chrisnandi menunjuk Yogyakarta sebagai kota percontohan karena menerapkan tata kelola pemerintahan yang baik. Terlebih dalam menerapkan reformasi birokrasi.

"Yogyakarta harus menjadi role model dalam menciptakan akuntabilitas kinerja yang berbasis tata kelola pemerintahan yang clear and good government," kata dia dalam keterangan tertulis, Jakarta, Kamis (10/9/2015).

Menurut Yuddy kinerja pemerintah daerah Yogyakarta dalam meningkatkan akuntabilitas tak lepas dari peran aparatur sipilnya. Dia meminta supaya hal tersebut terus dipertahankan.

"Saya selaku menteri sangat bangga dengan pemerintah daerah Yogyakarta yang sebelum ada penekanan-penekanan dari kita dalam melakukan reformasi birokrasi tetapi sudah dilaksanakan. Pertahankan, jadikan ini komitmen yang berkesinambungan dan jadikan tata kelola yang semakin baik dan harus diduplikasi oleh daerah lain," jelasnya.

Gubernur Yogyakarta Sri Sultan HB X mengaku bangga atas hal tersebut. Dia bilang, perubahan pola pikir aparatur sangat dibutuhkan untuk mempercepat reformasi birokrasi.

"Misalnya saya membangun satu bangunan dengan biaya Rp 100 juta tapi ternyata kurang dari Rp 100 juta saja sudah cukup, ya sudah. Berarti di situ terjadi efisiensi yang dimaksud dengan uang yang relatif kecil tapi hasilnya bisa maksimal," ujarnya.

Sri Sultan menerangkan, sejak 6 tahun yang lalu pemerintah daerah masih menjalankan program tanpa memikirkan hasilnya. Sehingga anggaran yang dikeluarkan tidak sebanding dengan hasil yang dicapai.

"Tetapi sekarang kami sudah berubah. Hal ini menunjukan bahwa Pemda serius dalam melakukan perubahan-perubahan, pelan tapi pasti," tandas dia. (Amd/Gdn)

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya