Cegah Hepatitis dengan Kurangi Asupan Garam

Mencegah penyakit Hepatitis C dapat dilakukan dengan cara yang mudah, seperti mengurangi asupan garam.

oleh Fitri Syarifah diperbarui 06 Agu 2015, 18:30 WIB
Menderita hepatitis C bukan hanya memengaruhi fisik tapi juga mengganggu kesehatan mental

Liputan6.com, Jakarta Tak banyak yang tahu, mencegah penyakit Hepatitis C dapat dilakukan dengan cara yang mudah, seperti mengurangi asupan garam. 

Mengapa? Sebab ketika hepatitis atau penyakit hati menjadi semakin parah, ginjal akan bereaksi untuk menyimpan garam dan air. Nah, karena garam berfungsi seperti spons yang menyerap air, hal ini meyebabkan penumpukan cairan dalam tubuh.

Laman WHO, Kamis (6/8/2015) mencatat, mengurangi garam dan membatasi jumlah cairan yang masuk ke dalam tubuh, 2.400mg per hari, atau satu sendok teh garam setiap hari dapat membantu mengurangi penumpukan kadar cairan dalam tubuh.

Hal lainnya untuk mencegah hepatitis adalah:

- Minumlah air yang banyak

Air adalah salah satu bagian penting yang berpengaruh di dalam fungsi tubuh kita dan membantu menghilangkan racun dan melakukan proses penyerapan terhadap nutrisi penting.

Minum air dalam jumlah yang diperlukan juga dapat menghilangkan efek samping selama pengobatan atau terapi. Tetapi perlu juga diperhatikan, apabila Anda sudah mengalami sirosis, pengurangan cairan perlu dilakukan. Seperti pada kondisi yang dinamakan dengan 'Ascites', kondisi cairan berlebihan sehingga rongga perut akan terlihat membesar.

- Menghindari alkohol

Hati menganggap alkohol sebagai zat beracun, jadi hati menyaring dan membuangnya. Namun, proses ini dapat merusak hati. Ketika seseorang terinfeksi Hepatitis C, alkohol dapat secara signifikan mempercepat perusakan hati.

Hindari konsumsi alkohol bersamaan dengan obat penghilang rasa sakit yang dijual bebas di pasaran. Ketika Anda mengonsumsinya secara bersamaan, ini dapat memperparah perusakan hati.

- Konsumsi makanan sehat

Ketika hati mengalami kerusakan, maka tubuh Anda tidak akan mendapatkan nutrisi dari makanan. Anda pun akan merasa lelah atau lemas, serta kehilangan nafsu makan.

Oleh sebab itu sangatlah penting bagi Anda untuk menjaga asupan nutrisi harian yang Anda butuhkan untuk menjaga berat badan dan energi  pada tingkatan yang seharusnya.

- Vaksin

Dapatkan vaksinasi untuk mencegah Hepatitis A dan Hepatitis B, Ko-infeksi Hepatitis C dengan jenis Hepatitis yang lain dapat menyebabkan kerusakan hati yang lebih parah lagi. Walaupun belum ada vaksin untuk Hepatitis C, vaksinasi untuk mencegah penderita Hepatitis C dari infeksi virus Hepatitis A dan Hepatitis B dapat dilakukan.

Berkonsultasilah dengan dokter atau tenaga profesional medis mengenai tindakan vaksinasi ini.

Hepatitis C dapat menyebabkan timbulnya jaringan parut. walaupun Hepatitis C dapat menyebabkan timbulnya jaringan parut dan radang pada hati, pengobatan yang yang tepat dapat membunuh virus dan membantu mengurangi peradangan yang terjadi.

 

 

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya