Oppo: e-Commerce di Indonesia Masih Belum Mapan

Oppo menerapkan sistem pemasaran jalur offlline karena industri e-commerce di Indonesia masih belum mapan.

oleh Denny Mahardy diperbarui 28 Mei 2015, 11:55 WIB
Foto: CEO Oppo Indonesia, Jet Lee (Dewi Widya Ningrum/ Liputan6.com)

Liputan6.com, Jakarta - Oppo terjun ke pasar smartphone Indonesia sejak tahun 2013. Meski masih baru, perusahaan pembuat ponsel pintar asal Tiongkok itu mengaku telah berhasil menjual lebih dari 3 juta unit produk buatannya ke pasar Indonesia.

Menariknya, hampir semua produk Oppo tersebut dipasarkan melalui jalur offline alias jalur distribusi tradisional. Langkah tersebut berbeda dengan beberapa pembuat ponsel asal kampung halamannya yang juga telah masuk ke pasar Indonesia dan lebih memilih sistem pemasaran online dengan menggandeng pemain e-commerce lokal.

CEO Oppo Indonesia, Jet Lee mengatakan perusahaannya menerapkan sistem pemasaran menggunakan jalur offlline karena industri e-commerce di Indonesia masih belum mapan. Hingga saat ini, Oppo bahkan memelihara jalur distribusinya secara eksklusif agar bisa membuat harga produknya lebih terkendali.

"Kita pilih jalur distribusi offline karena sistem e-commerce di Indonesia belum begitu mumpuni. Masih banyak kekurangan yang ada di e-commerce seperti sistem pembayaran, logistik dan masyarakat yang memakainya sebagai sistem belanja sehari-hari," ungkap Jet Lee sewaktu dijumpai tim Tekno Liputan6.com di Jakarta.

Dengan menerapkan sistem pemasaran tradisional, bukan berarti Oppo bukan tak mengucurkan dana. Perusahaan menggelontorkan nilai investasi yang cukup besar. Perusahaan ini sekarang telah memiliki lebih dari 6.000 karyawan, 7.500 outlet, 176 experience store yang tersebar di 50 kota di seluruh Indonesia.

Lebih lanjut, Jet Lee memaparkan bahwa saat ini Indonesia memiliki pasar smartphone yang sangat potensial.

"Dari seluruh ponsel yang terjual di tahun 2014, smartphone itu baru menguasai 45% pasar yang menunjukkan angka penetrasinya masih bisa semakin besar lagi nantinya," tandas pria asal China itu.

(den/dew)

Tag Terkait

Rekomendasi

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya