5 Sebab Kenapa Keringkan Baju di Ruangan Buruk bagi Kesehatan

Inilah alasan mengapa mengeringkan pakaian dalam ruangan buruk bagi kesehatan.

oleh Jazaul Aufa diperbarui 29 Jan 2015, 13:30 WIB
5 Alasan Keringkan Baju di Ruangan Buruk Bagi Kesehatan

Liputan6.com, Jakarta Curah hujan yang turun di beberapa wilayah Indonesia, terutama Jabodetabek, cukup tinggi belakangan ini. Akibarnya, beberapa jemuran baju di rumah harus diangkut dan dimasukkan ke dalam ruangan.

Namun, mengeringkan baju di dalam ruangan yang terisolasi akan menyebabkan peningkatan kelembaban. Hal ini akan memengaruhi keseluruhan ruangan. Tentunya, hal ini bukan hal yang baik bagi kesehatan.

Untuk mengeringkan baju di dalam, usahaka tetap menempatkannya di ruangan yang berventilasi banyak atau lebar. Pastikan pula ditempatkan di dekat jendela.

Lantas, berikut adalah 5 alasan mengapa mengeringkan pakaian dalam ruangan buruk bagi kesehatan seperti yang dilansir dari laman Boldsky, Kamis (29/1/2015):

1. Pemicu Kanker

Bahan kimia yang digunakan untuk mencuci baju, baik detergen maupun pelembut, mengandung senyawa kimia. Senyawa kimi ini memiliki tingkat acetaldehydes atau pemicu kanker yang cukup tinggi. Oleh karena itu, ketika mengeringkan baju di dalam ruangan, uap dari senyawa kimia tersebut akan terperangkap dan terhirup lebih mudah.

2 dari 2 halaman

Alasan Keringkan Baju Buruk 2-5

2. Jamur Penyebab Penyakit

Kelembaban udara di dalam ruangan akan memiliki munculnya jamur. Jamur bisa menganggu kesehatan melalui alergi, sinus, bronkitis, dan berbagai masalah pernapasan serupa lainnya.

3. Jamur Beracun

Jenis jamur yang disebut sebagai stachybotryschartarum kerap kali ditemukan di antara sekat lantai dan bingkai jendela. Jamur ini berbahaya karena bersigat racun.

4. Timbulnya Asma

Mengeringkan baju di dalam ruangan dapat meningkatkan jumlah debu yang juga berisiko untuk membentuk spora jamur. Akibat, sesak napas dan asma bisa timbul.

5. Melemahkan Sistem Imun

Efek dari kelembaban yang muncul akibat mengeringkan baju di dalam ruangan dapat terlihat langsung maupun tidak. Batuk, lelah, atau iritasi mata bisa menjadi salah satunya. Hal ii pun menandakan sistem imun sedang melemah.

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya