Semarak Pawai Budaya Purbalingga

Pada HUT-nya yang ke-184 pemerintah Kabupaten Purbalingga menyelenggarakan Pawai Budaya

oleh Karmin Winarta diperbarui 23 Des 2014, 17:05 WIB
Pada HUT-nya yang ke-184 pemerintah Kabupaten Purbalingga menyelenggarakan Pawai Budaya

Citizen6, Purbalingga Selasa (23/12) menjadi hari yang sangat ditunggu-tunggu masyarakat Purbalingga. Pasalnya dalam rangka perayaan HUT Kabupaten Purbalingga yang ke-184 pada 18 Desember 2014, Pemerintah Kabupaten Purbalingga menyelenggarakan Pawai Budaya Purbalingga.

Acara tahunan ini mengambil rute sekitar 2 kilometer. Rute yang dilalui adalah Jalan MT Haryono, Jalan Jenderal Sudirman dan berpusat di Alun-alun. Ratusan peserta pawai terdiri dari perwakilan pelajar, program revitalisasi seni tradisional, kecamatan dan gabungan perangkat serta peserta BUMD. Masing-masing kelompok menampilkan kesenian budaya Purbalingga seperti ujungan, begalan, kuda kepang, karawitan hingga pertunjukan busana.

Foto dok. Liputan6.com

 

Saat melewati panggung kehormatan di sisi Alun-alun, setiap rombongan pawai menunjukan atraksi seni dihadapan Bupati Purbalingga Sukento Ridho Marhaendrianto dan para tamu undangan. Meskipun panas terik, ribuan masyarakat menikmati tontonan yang digelar sebagai even terbesar penutup tahun 2014. Mereka memadati Alun-alun dan rute yang dilewati peserta pawai dari pagi sampai acara tersebut selesai pada tengah hari sekitar pukul 13.00 WIB.

Foto dok. Liputan6.com

“Saya menikmati pawai ini. Acara tahun ini lebih meriah dibanding tahun lalu, peserta lebih kreatif dan variatif. Dirgahayu Kota Perwira ke-184. Semoga budaya Purbalingga makin lestari” Ungkap  Ananthesa (19) salah satu penonton pawai.

Acara ini merupakan upaya nguri-uri budaya dan sarana hiburan untuk rakyat. Saat ini kesenian tradisional mulai ditinggalkan. Semoga dengan adanya acara ini dapat meningkatkan kecintaan masyarakat Purbalingga terhadap budayanya.
*nguri-uri (jawa) : melestarikan

Penulis:

Fiana Indrasari
Foto : Anindya Rahmawati

Tag Terkait

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya