PSSI Cari Pengganti Riedl, Apa Masukan dari Maitimo?

Mantan pemain Mitra Kukar berharap pelatih baru timnas adalah sosok yang mengenal sepak bola Indonesia.

oleh Juprianto Alexander Sianipar diperbarui 20 Des 2014, 09:21 WIB
Raphael Maitimo (Liputan6.com)

Liputan6.com, Jakarta - Alfred Riedl tidak lagi melatih timnas Indonesia. Pelatih asal Brasil itu tidak dipertahankan oleh PSSI dan Badan Tim Nasional (BTN) seiring tersingkirnya tim "Merah Putih" dari fase gruo di Piala AFF 2014.

Kini, PSSI dan BTN sedang mencari pengganti ideal Riedl. Rencananya, sosok pengganti Riedl akan diumumkan pada Januari 2015 mendatang.

Soal sosok pengganti Riedl ini, gelandang timnas Raphael Maitimo punya sedikit masukan. Pemain naturalisasi berdarah Belanda menyarankan PSSI dan BTN menunjuk pelatih yang tahu luar dalam soal sepak bola Indonesia.

"Pengganti yang terbaik adalah yang mengenal dan mengetahui kebudayaan Indonesia serta pelatih yang memiliki banyak pengalaman di luar Indonesia," ucapnya Maitimo saat wawancara eksklusif dengan Liputan6.com.

"Itu karena sepak bola Indonesia masih butuh banyak peningkatan. Jadi, sangat bagus jika bisa belajar dari seseorang yang sudah memiliki banyak pengalaman."

2 dari 2 halaman

Minim Persiapan Sebab Kegagalan di Piala AFF

Di sisi lain, Maitimo menyadari ia dan rekan-rekan setimnya tidak bermain sesuai ekspektasi karena minimnya persiapan jelang tampil di putaran final. Akibatnya, timnas harus kalah bersaing dengan Vietnam dan Filipina di fase grup Piala AFF 2014.

"Persiapan kami juga kurang, namun saya tak suka mencari-cari alasan karena kami memiliki tim yang bagus. Kami memiliki para pemain terbaik. Ya, kami hanya kurang persiapan," katanya.

Baca juga :

Wonderkid Indonesia Siap Debut di ISL

Evan Dimas Berambisi Bawa Persebaya Juara ISL 2015

Batal ke Australia, Timnas U-23 Ubah Program

Rekomendasi

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya