Ahok dan DPRD DKI Antar Jokowi Pindahan ke Istana Rabu Pagi

Jokowi masih menempati rumah dinas gubernur di Jalan Taman Suropati Nomor 7, Menteng, Jakarta Pusat.

oleh Andi Muttya Keteng diperbarui 20 Okt 2014, 17:27 WIB
Jokowi Dan Ahok (Liputan6.com/Herman Zakharia)

Liputan6.com, Jakarta - Mantan Gubernur DKI Jakarta Joko Widodo (Jokowi), hari ini dilantik sebagai Presiden ke-7 RI. Jokowi yang masih menempati rumah dinas gubernur di Jalan Taman Suropati Nomor 7, Menteng, Jakarta Pusat pun segera pindah ke Istana Merdeka sebagai tempat tinggalnya yang baru.

Rencananya pada Rabu lusa 22 Oktober, Pelaksana tugas (Plt) Gubernur DKI Basuki Tjahaja Purnama atau Ahok beserta sejumlah anggota DPRD DKI akan mengantar Jokowi dari rumah dinas ke Istana Merdeka.

"Jam 8 pagi. Rabu besok, (Pak Jokowi) langsung pindah ke Istana. Kita, wagub dan teman-teman DPRD istilahnya melepas dan mengantar dari Taman Suropati ke Istana," ungkap Ketua DPRD DKI Prasetyo Edi Marsudi usai bertemu Basuki alias Ahok di Balaikota Jakarta, Senin (20/10/2014).

Terkait bagaimana prosesnya, Prasetyo mengatakan akan membicarakan dulu dengan Sekretaris Dewan (Sekwan) bersama para ketua dan wakil ketua fraksi. Yang pasti, lanjutnya, seluruh Fraksi PDIP dipastikan ikut mengantar Jokowi.

"Nanti pakai mobil masak pakai andong lagi, hehehe. Semua nanti bicara. (Fraksi) Yang lain mau ikut? Monggo," jelas Prasetyo.

Terkait kewajiban meminta izin dari Pasukan Pengamanan Presiden (Paspampres) apabila ingin mewujudkan rencana itu, ia menilai tidak perlu dilakukan. Sebab, mereka hanya ingin mengantar Jokowi 'pindahan'.

Ia mengatakan pula eksekutif dan legislatif merupakan satu perangkat. Dengan acara melepas Jokowi yang merupakan mantan eksekutif di DKI, maka dapat menunjukkan kekompakan di antara kedua lembaga ini. "Kalau kompak dan solid kayak gini kan enak. Kekompakan kita mesti kita jaga dan kebetulan saya timnya beliau waktu pilgub (pemilihan gubernur) dan pilpres (pemilihan presiden) kemarin," kata Prasetyo. (Mut)

Rekomendasi

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya