Pelayanan Imigrasi Bandara Soekarno-Hatta Tetap di Terminal 3

"Keputusan ini diambil dengan pertimbangan memberikan pelayanan utama kepada masyarakat."

oleh Muhammad Ali diperbarui 09 Agu 2014, 19:20 WIB

Liputan6.com, Jakarta - Rencana pemindahan pelayanan imigrasi dari terminal 3 ke terminal 2 Bandara Soekarno-Hatta (Soetta), urung dilaksanakan. Hal itu diungkapkan oleh Wakil Menteri Hukum dan Hak Asasi Manusia (Wamenkumham) Denny Indrayana.

"Bpk/ibu, setelah berkoord dng semua, memperhatikan masy termasuk lewt socmed, imigrasi memutuskan tetap memberikan pelayanan di terminal 3," tulis Denny Indrayana dalam akun twitternya, @dennyindrayana, Sabtu (9/8/2014).

Jarak yang berjauhan antara Terminal 2 dengan Terminal 3 bandara yang terletak di Tangerang, Banten in dinilai akan membuat penumpang kerepotan. Penumpang harus datang kira-kira 4 jam untuk bisa terbang dari Terminal 3. Sebab penumpang bakal dibuat repot bolak-balik untuk check in, imigrasi, dan boarding.

Karenanya, pembatalan keputusan itu diambil demi memberikan pelayanan terbaik kepada masyarakat. "Keputusan ini diambil dengan pertimbangan utama memberikan pelayanan utama kepada masyarakat/penumpang bandara. Agar masyarakat terus nyaman," imbuh Denny.

Denny menegaskan ide memusatkan imigrasi di terminal 2 sebagai terminal internasional akan tetap dilanjutkan.

Sementara itu, Dirjen Imigrasi Bambang Irawan menyatakan, apa yang disampaikan Wamenkumham Denny Indrayana dalam akun twitternya benar. Namun ia membantah jika keputusan itu sebagai pembatalan.

"Bukan pembatalan. Ini dilakukan dengan melihat kepentingan masyarakat luas dan masih memerlukan koordinasi lebih luas lagi. Dan itu dibenarkan," ucap Bambang kepada Liputa6.com.

Rencananya pemindahan pelayanan loket imigrasi dari terminal 3 ke terminal 2 sedianya akan berlaku pada Minggu 10 Agustus 2014 pukul 00.00 WIB. Penumpang internasional di terminal 3 akan dibawa ke terminal 2 untuk menjalani proses imigrasi.

Disambut Positif

Keputusan Denny yang tetap memberikan pelayanan imigrasi di Terminal 3 Bandara Soekarno-Hatta disambut positif oleh masyarakat. Mereka mengaku gembira dengan keputusan itu.

"@dennyindrayana bagus lah, karena ibu saya Harus menggunakan kursi roda dan memakan waktu lebih soalnya.tks, " Tumpal Limbong ‏dalam akun twitter @tumpal99, Sabtu (9/8/2014).

Hal senada disampaikan Rifai Taberi. Ia menilai keputusan itu sangat bijak‏. "@dennyindrayana thanks Pak Denny. Sungguh keputusan bijak, bravo Imigrasi.. @CGK_AP2," tulisnya dalam akun @rifaitaberi.

Warga juga menilai keputusan itu tepat dilakukan lantaran jika tidak, akan terjadi antrean yang panjang. "@dennyindrayana good Pak, kalau semua di termnl 2 antrian imigrasi bakalan panjaaaaaaang banget, malu sm ekspatriat....," tulis Nurul Huda di @RuL205. (Mvi)

Rekomendasi

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya