Bola Api Raksasa Jatuh dari Langit China, UFO?

Benda aneh jatuh di sebuah lahan Kota Qiqihar, Heilongjang. Bentuknya lingkaran dan berwarna silver berpadu dengan abu-abu.

oleh Rizki Gunawan diperbarui 21 Mei 2014, 13:50 WIB
Benda diduga UFO jatuh di China (Chinanews.com)

Liputan6.com, Beijing - Warga Kota Qiqihar, Provinsi Heilongjang, China terhenyak saat melihat 3 bola api raksasa jatuh dari langit. Mereka menduga benda itu adalah benda asing dari luar angkasa atau unidentified flying object (UFO) milik alien.

"Aku melihat bola api, aku awalnya mengira itu meteorit. Aku kemudian mengumpat di dalam rumah. Kemudian objek itu mendarat di tanah," ujar seorang warga kepada Chinatopix.com yang dilansir Huffington Post, Rabu (21/5/2014).

Dia menjelaskan, benda aneh tersebut jatuh di sebuah lahan di Kota Qiqihar, Heilongjang, pada Jumat 17 Mei 2014 pekan lalu. Bentuknya lingkaran dan berwarna silver berpadu dengan abu-abu.

"Benda itu panjangnya 70 centimeter dan beratnya sekitar 40 kilogram," demikian laporan media lokal, OpenMinds.TV.

Tapi kini rasa penasaran warga sekitar telah berakhir. Badan Luar Angkasa China mengonfirmasi bahwa objek aneh itu merupakan pecahan roket yang membawa satelit Rusia.

"Itu merupakan bagian dari pecahan roket dari satelit Rusia," demikian pernyataan Badan Luar Angkasa China yang dilaporkan Xinhua. "Kami telah mengonfirmasi ini langsung ke pihak terkait (Rusia)."

Dijelaskan bahwa benda yang jatuh itu merupakan pecahan roket satelit Express-AM4P, untuk televisi Rusia. Roket terbakar di lapisan tertinggi atmosfer. Kemudian jatuh di Kota Qiqihar.

"Satelit itu dibuat Airbus Group Astrium dengan biaya US$ 224,99 (sekitar Rp 2,5 miliar)," lanjut pernyataan badan antariksa Tiongkok. (Ans)

Tag Terkait

Rekomendasi

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya