Sukses

Putri Cak Imin Ikut Demo Menolak Revisi UU Pilkada, Kritisi Kinerja DPR yang Serampangan

Selain demo menolak revisi UU Pilkada di gedung DPR, putri Cak Imim Rahma Arifa bergabung dengan massa aksi Kamisan di depan Istana Negara.

Liputan6.com, Jakarta - Aksi demo menolak revisi UU Pilkada di Gedung DPR RI pada Kamis, 22 Agustus 2024 masih jadi bahan pembicaraan publik. Salah satu hal menarik adalah putri Muhaimin Iskandar alias Cak Imin, Rahma Arifa, ikut turun ke jalan, padahal ayahnya merupakan Wakil Ketua DPR.

Fakta itu nyatanya tidak menghalangi Rahma Arifa ikut menolak pengesahan revisi UU Pilkada yang menganulir putusan MK tentang syarat pencalonan kepala daerah. Keputusan Rara, sapaan akrabnya, ikut demo disorot akun X @magent_jingga yang membagikan ulang unggahan Instagram Story putri Cak Imin.

"Si Rara anaknya Cak Imin kupikir bakal diem-diem aja loh mengingat bapaknya udah masuk gerbong kan. Taunya ikut turun ke jalan," tulis akun tersebut, Jumat, 23 Agustus 2024.

Rara terlihat menyuarakan protesnya lewat kata-kata menohok sambil membagikan situasi demo di depan gedung DPR. Aksinya kemudian berlanjut ke Istana Negara, bergabung dengan massa aksi Kamisan.

"Menolak kebijakan-kebijakan jelek, menolak kinerja DPR yang serampangan dan akar utamanya: menolak monopoli kekuasaan yang mengobok-obok independensi partai politik melalui adu domba yang membabi buta, lawan sampai ke akarnya," tulisnya.

Kemunculan Rara di demo mengawal putusan MK menuai banyak perhatian warganet. Walau ayahnya dianggap pro pemerintah, Rara tegas melawan apa yang diyakininya tidak benar. "This girl jauh lebih mandiri dibanding dua cowok itu yang harus ngemis ke bapaknya dulu untuk cari kerjaan, Respect mba Rara," komentar seorang warganet.

"Cocok ditunjukkan ke orang-orang yang tone deaf sih," sahut warganet lain. "This is so funny considering bapaknye literally wakil ketua dpr,” ujar pengguna yang lain. "Malah kasian, dia punya prinsip dan dia teguh tapi bapaknya sendiri ga bisa jadi contoh buat dia. May she stay on the humanity side for as long as it exist,” kata warganet lainnya.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Hubungan Rara dan Cak Imin

Rahma Arifa adalah putri kedua Cak Imin dan Rustini Murtadho. Saat ini, lulusan London School of Economics di Inggris itu bekerja sebagai jurnalis. Pernyataan dirinya tak ingin menggunakan privilige meski anak pejabat sempat mengundang atensi.

Gambaran hubungan Rara dengan ayahnya pernah diungkap di video podcast yang diunggah ke kanal YouTube Merry Riana. Dalam unggahan pada 23 Januari 2024 itu, Rara bercerita, ia pernah berdebat dengan sang ayah karena masalah unggahan di media sosial.

Ia berbagi, saat lulus kuliah, Cak Imin membagikan unggahan untuk menyatakan rasa bangga pada anaknya. Namun, Rara meminta ia menghapusnya karena tidak ingin banyak orang yang tahu latar belakangnya. Selain, ia ingin mencari pekerjaan sendiri.

Ia tidak ingin mendapat pekerjaan karena ayahnya seorang tokoh penting. Tapi, hal itu membuat Cak Imin marah karena menganggap putrinya tidak bangga dengan identitasnya sendiri. "Aku ingin lebih merasa leluasa membangun identitasku saat itu. Tapi, itu jadi perdebatan yang panas dengan ayah aku," terang Rara dalam video.

"Katanya, kesannya aku seperti menutupi kayak, 'Apakah kamu enggak bangga dengan identitas kamu?' Akhirnya kami berdebat," sambungnya. Menurut Cak Imin, Rara justru bisa memanfaatkan "kelebihannya" untuk hal-hal positif dan bermanfaat untuk orang lain. 

 

3 dari 4 halaman

Diskusi soal Anak Pejabat

"Tapi habis itu diskusinya jadi, 'Kamu itu diberikan kelebihan, memiliki seorang ayah yang sosoknya itu bisa memberi manfaat yang lebih banyak,' kayak embel-embel itu, justru jadi sosok yang bisa bermanfaat untuk orang lain," kata Rara.

Ia menambahkan, "Tapi, itu debatnya di situ, 'Aku kan maunya orang banyak enggak usah tahu soal ayah aku, tapi ayah bilang, 'Itu kan manfaat Ra, kenapa enggak jadikan fasilitas?'" Setelahnya, Rara justru dibacakan dalil oleh ayah dan ibunya, Rustini Murtadho. Ia akhirnya mulai menerima identitasnya yang merupakan anak seorang pejabat.

Meski begitu, bukan berarti Rara memanfaatkan posisi ayahnya yang kini menjabat sebagai Wakil Ketua DPR RI.  Ia mengatakan, ia tetap mengambil keputusan sendiri, termasuk dalam menempuh pendidikan. Namun, Rara lebih menerima identitasnya dan tidak menutupinya sebagai anak seorang Cak Imin.

Momen kebersamaan Rara dengan ayahnya juga pernah dibagikan di media sosial. Usai debat cawapres, Minggu, 21 Januari 2024, Anies Baswedan membagikan trik agar bisa semangat beraktivitas di hari Senin, dan itu disontek dari Rara.

4 dari 4 halaman

Kebersamaan Rara dan Cak Imin

Ayah empat anak ini membagikan ulang video TikTok Rara lewat cuitannya di X, dulunya Twitter. Video itu menunjukan kebersamaan Rara dengan Cak Imin yang asyik melompat-lompat sambil berpegangan tangan.

Anies merekomendasikan menirukan gerakan tersebut untuk mengurangi grogi bila harus melakukan tugas penting.  "Happy Monday! Grogi mau ada tugas penting di kerjaan/sekolah hari ini? Pakai trik dari Rara ini biar hati semangat dan badan nggak kaku. " tulis Anies dalam cuitannya, Senin, 22 Januari 2024.

Tapi, banyak warganet lebih fokus pada video Rara. Pasalnya, tingkah ayah dan anak itu dinilai lucu dan menggemaskan. Video itu menunjukkan momen unik yang terjadi di belakang panggung debat cawapres pada Minggu malam, 21 Januari 2024, di JCC Senayan, Jakarta Pusat.

Rara bermaksud membuat ayahnya rileks sebelum tampil. Selain mengajak Cak Imin melompat-lompat, ia juga terlihat memberi kata-kata penyemangat pada ayahnya. Namun, figur Rara yang tingginya setara dengan Cak Imin justru dinilai warganet terlihat seperti kakak yang sedang memberikan arahan pada adiknya.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.