Sukses

Yang Terbuang Bisa Menghasilkan Uang

Tunggul pohon kelapa yang dianggap sebagai limbah, ternyata bisa mendatangkan nilai ekonomi melebihi dari buah dan batangnya.

Liputan6.com, Padang: Jangan tinggalkan begitu saja tunggul pohon kelapa yang telah ditebang. Sebab, dari benda yang dianggap sebagai limbah ini justru bisa mendatangkan nilai ekonomi melebihi dari buah dan batangnya. Tunggul pohon kelapa ternyata bisa disulap menjadi karya seni bernilai tinggi.

Pohon kelapa memang dikenal sebagai pohon yang berguna, dari buah, batang, hingga daunnya. Namun di tangan Elmi, warga Kota Padang, Sumatra Barat, akar yang biasa ditinggalkan setelah pohonnya ditebang kini menjadi produk seni.

Dibantu beberapa orang rekannya, Elmi mencoba mencipta berbagai bentuk patung dari tunggul kelapa. Biasanya, Elmi memilih tunggul kelapa yang sudah tua karena memiliki serat batang yang kuat. Ciri patung yang dihasilkannya kebanyakan berbentuk hewan, seperti elang, harimau, monyet, atau ikan.

Saat ini Elmi tengah mendaftarkan hasil karyanya untuk dipatenkan. Elmi bertekad, patung tunggul kelapa buatannya bisa menjadi kerajinan khas dari Kota Padang.(ADO)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

    Video Terkini