Sukses

Kebakaran Semeru Meluas, Kawasan Hutan Pinus Mulai Dilalap

Kebakaran di Gunung Semeru telah meluas dan merambah ke 3 titik, termasuk hutan pinus.

Liputan6.com, Lumajang - Embusan angin kencang dan kemiringan di titik kebakaran hutan di Gunung Semeru, Lumajang, Jawa Timur, menyulitkan proses pemadaman. Sejauh ini, kebakaran telah meluas dan merambah ke 3 titik, termasuk hutan pinus.

Seperti ditayangkan Liputan 6 Siang SCTV, Sabtu (24/10/2015), kepulan asap masih terlihat dari kejauhan di salah satu sisi lereng Gunung Semeru. Sebelumnya, api membakar semak-semak di Watu Rejeng dan Landengan Dawa.

Namun kini api meluas, membakar hutan pinus petak 73 E di wilayah Desa Ranupani, Kecamatan Senduro atau sebelum pos satu.

Di tengah terik matahari dan medan yang sulit, petugas gabungan dibantu warga dan relawan, terus berupaya memadamkan api dengan peralatan seadanya.

Mereka membuat ilaran api atau memisahkan semak-semak kering yang belum terbakar, serta menabur tanah ke titik api yang berkobar.

Sementara sejauh ini, tercatat ada 25 pendaki berada di lokasi aman yakni di Ranu Kumbolo. Rencananya, evakuasi para pendaki akan dilanjutkan pada hari ini. (Nda/Mvi)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini