Sukses

Kabut Asap, Gubernur Sumsel Berencana Ungsikan Warganya

Liputan6.com, Palembang - Hampir tiap hari warga Kota Palembang dan sekitarnya beraktivitas di udara yang diselimuti kabut asap. Mereka tak bisa menghindar, meskipun resikonya terkena Infeksi Saluran Pernapasan Akut (ISPA).

Seperti ditayangkan Liputan 6 Malam SCTV, Kamis (1/10/2015), saat ini jumlah penderita ISPA tiap hari terus bertambah. Ada yang hanya berobat jalan, namun sebagian harus dirawat inap.

Gubernur Sumatera Selatan Alex Nurdin mulai mengkhawatirkan warganya yang tiap hari menghirup udara tidak sehat ini. Ia bahkan berencana mengungsikan warganya ke tempat yang aman dari serbuan kabut asap.

Sayangnya aksi Alex hanya hendak mengungsikan warganya, bukan mengatasi kabut asap yang dipicu kebakaran lahan. Saat ini kebakaran lahan yang terjadi di Ogan Komering Ilir masih belum mampu diatasi.

Sementara itu warga Kota Pekanbaru, sudah mulai mengungsi ke kota lain untuk menghindari kabut asap. Keluarga Iwa Sumantri misalnya, membawa anak istrinya meninggalkan Kota Pekanbaru, karena sudah tidak tahan menghirup udara yang tidak sehat.

Berdasarkan Indeks Standar Pencermaran Udara (ISPU), hingga Kamis petang, kondisi udara di Ibukota Provinsi Riau ini berada pada level bahaya.

Sudah banyak warga Pekanbaru yang mengungsi akibat kabut asap. Sebagian besar memilih lewat darat karena ada kepastian berangkat. Sebab Bandara Sultan Syarif Kasim juga sering lumpuh karena jarak pandang di landasan pacu tidak aman untuk terbang. (Dan/Ali)

Loading