Sukses

Jendela Dunia: Meriahnya Festival Perang Tomat di Spanyol

20 Ribu orang meramaikan festival perang tomat di Spanyol.

Liputan6.com, Berlin - Penampungan pengungsi di Berlin terbakar. Dan 20 ribu orang meramaikan festival perang tomat di Spanyol. Berita itu mengawali Jendela Dunia yang ditayangkan Liputan 6 Petang SCTV, Kamis (27/8/2015).

Sebuah pusat penampungan pengungsi di Berlin, Jerman Rabu 26 Agustus malam terbakar. Api menghanguskan gedung bekas tempat olahraga yang dihuni 900 pengungsi itu setelah terdengar ledakan. Namun sejauh ini belum ada laporan jumlah korban.

Di Hungaria, imigran gelap dari Timur Tengah terus mengalir memasuki negara tersebut melalui jalur kereta api yang menghubungkan Hungaria dengan Serbia. Para imigran berkejaran dengan waktu mengingat pemerintah Hungaria tengah membangun kawat berduri di perbatasan.

Bagi penghuni bangunan-bangunan tua tanpa lift di Tiongkok, tinggal di lantai atas menjadi masalah tersendiri. Namun kini ada Stairlift, semacam tangga berjalan namun hanya bisa dinaiki 1 orang.

Alat ini bisa dipasang dengan track atau rel khusus yang dipasang di dinding gedung atau tangga.

Sementara di Spanyol, lebih dari 20 ribu orang memenuhi jalanan di sekitar Plaza Del Pueblo, Kota Bunol, Spanyol. Mereka meramaikan acara tahunan "La Tomatina" atau Festival Perang Tomat yang memasuki tahun ke-70.

Sebanyak 175 ton tomat matang disediakan. Festival ini terinspirasi dari saling lempar tomat antara anak-anak lokal di wilayah produsen tomat Spanyol itu. (Nda/Mvi)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.