Sukses

Kelezatan Sate Kambing Muda Khas Tegal Jadi Incaran Pemudik

Daging yang empuk dengan aroma panggangan arang yang khas pasti menggugah selera makan Anda.

Liputan6.com, Tegal - Mudik lewat Jalur Pantura, kurang lengkap jika belum mencicipi sedapnya sate kambing muda khas Tegal, Jawa Tengah. Daging yang empuk dengan aroma panggangan arang yang khas pasti menggugah selera makan Anda.

Seperti ditayangkan Liputan 6 Siang SCTV, Senin (20/7/2015), sate khas Tegal menggunakan daging kambing muda berusia 5 bulan yang disebut Balibul atau kambing muda usia 3 bulan atau Batibul. Daging kambing ini dipotong berbentuk dadu sekitar 1,5 sampai 2 cm lebih besar dibandingkan sate kambing dari daerah lain.

Saat dibakar, daging kambing muda ini tidak perlu dicelupkan ke dalam bumbu apapun. Inilah yang konon membuat sate ini terasa manis. Tak heran jika penggemar sate kambing muda khas Kota Tegal ketagihan.

Sate ini biasa disantap dengan nasi putih atau lontong dengan bumbu kecap, cabe rawit, tomat, dan bawang merah. Bisa juga ditambah dengan gulai kambing. Di musim liburan ini, omzet pedagang sate kambing pun melonjak.

Sejumlah rumah makan sate kambing muda di Kota Tegal saat liburan Lebaran selalu ramai didatangi pengunjung. Terlebih yang terletak di jalur mudik Pantura. (Nda/Ali)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini