Sukses

Salat Id Umat Muslim di Berbagai Belahan Dunia

Sukacita kemenangan Hari Raya Idulfitri dirayakan kaum muslim di penjuru dunia.

Liputan6.com, Sydney - Sukacita kemenangan Hari Raya Idulfitri dirayakan kaum muslim di penjuru dunia. Di Sydney, Australia, misalnya, 30 ribu muslim mengikuti salat Id di tengah cuaca dingin. Sementara warga Baghdad, Irak menggelar salat Id di masjid-masjid dengan pengamanan ketat.

Seperti ditayangkan Liputan 6 Petang SCTV, Jumat (17/7/2015), warga muslim yang bermukim di Sydney, bergabung dengan para pemeluk Islam di dunia merayakan Hari Raya Idulfitri 1 Syawal 1436 Hijriah dengan menggelar salat Id di Masjid Lakemba.

Sekitar 30 ribu muslim memenuhi masjid hingga di pelataran dan jalan-jalan di tengah cuaca dingin yang mendera.

Sementara di Baghdad, polisi memeriksa jemaah yang datang ke masjid-masjid untuk salat Idulfitri. Peningkatan pengamanan dilakukan seiring aksi kekerasan yang meningkat selama Ramadan.

Warga muslim Irak merayakan Idulfitri selama 3 hari, yaitu 1 dan 2 Syawal serta 10 Syawal.

Sedangkan warga muslim di tepi barat dan Jalur Gaza tetap merayakan Lebaran di tengah puing-puing bangunan, setahun pasca-serangan Israel. Warga yang membeli kebutuhan Lebaran dari tahun ke tahun semakin menurun seiring lemahnya daya beli warga.

Pemilik toko mengeluhkan pengunjung yang banyak datang, namun sedikit yang membeli. (Nda/Ans)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini