Sukses

Sosok Minggu Ini: Angela, Penggagas Bersih-bersih Jakarta

Gadis berusia 31 tahun ini berharap warga Jakarta benar-benar serius ambil tindakan demi kebersihan Ibukota.

Liputan6.com, Jakarta - Jakarta merupakan pusat kegiatan ekonomi dan budaya. Pendeknya, Jakarta adalah wajah Indonesia.

Sayangnya kota berpenduduk sekitar 12 juta jiwa ini dikenal kotor dan rawan banjir. Tiap musim hujan, sebagian wilayah Jakarta langsung terendam. Penyebabnya bukan semata curah hujan yang tinggi, tapi saluran air yang tersumbat sampah.

Pemerintah Kota Jakarta harus menghabiskan bermiliar-miliar rupiah demi mengatasi masalah ini.

Sebagian warga Jakarta akhirnya tak ingin hanya berpangku tangan. Inilah aksi bersih-bersih Kota Jakarta oleh 6 ribuan relawan di tahun 2014. Aksi ini diberi nama Clean Up Jakarta Day.

Ini aksi besar pertama komunitas Clean Up Jakarta. Aksi serupa direncanakan digelar setidaknya setahun sekali. Penggagas gerakan ini adalah wanita berdarah Inggris, Angela Jelita Richardson.

Berawal dari rasa prihatin dan kepedulian, penggemar teater ini mulai bergerak. Kepada kawan-kawan dekatnya, Angela mengungkapkan gagasan membentuk komunitas cinta kebersihan di Jakarta. Angela merasa semangat gotong royong masih ada di tengah masyarakat Jakarta.

Ternyata dalam waktu relatif singkat, anak kedua pasangan Phillip Richardson dan Indah Soewanto ini mampu mengumpulkan banyak relawan dari berbagai latar belakang. Termasuk warga negara asing yang tengah tinggal di Jakarta.

Semangat cinta kebersihan pemimpin redaksi sebuah majalah berbahasa Inggris di Jakarta ini cepat menular. Dalam 3 tahun, telah ada sekitar 10 ribu relawan tergabung dalam komunitas Clean Up Jakarta Day.

Angela dan para relawan menyadari bahwa gerakan peduli lingkungan akan memberi dampak besar di masa depan bila menggema di kalangan muda. Angela pun sering berkampanye dari sekolah ke sekolah.

Gadis berusia 31 tahun ini berharap warga Jakarta benar-benar serius ambil tindakan demi kebersihan Ibukota.

Saksikan kisah Angela selengkapnya dalam Sosok Minggu Ini yang ditayangkan Liputan 6 Siang SCTV, Minggu (21/6/2015), di bawah ini. (Nda/Yus)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini