Sukses

Saingi Qualcomm, MediaTek Rilis Prosesor 8 Inti Murni

Perusahaan pembuat chip asal Taiwan, MediaTek baru saja meluncurkan prosesor MT6595 octa-core. Chip ini digadang-gadang akan menjadi lawan berat bagi chip octa-core Snapdragon 800 dan 805 besutan Qualcomm.

Prosesor terbaru dari MediaTek ini sudah dilengkapi jaringan koneksi long term evolution (LTE). Produk terbaru ini merupakan generasi lanjutan dari prosesor octa-core murni pertama di dunia yang bisa menjalankan 8 inti prosesor secara bersamaan yang pernah diluncurkan MediaTek.

Mengutip laman GSM Arena, prosesor kuat ini dibangun menggunakan arsitektur system on chip (SoC) Cortex-A17 dengan empat buah inti berkecepatan 2,2 - 2,5 Ghz dan empat buah inti A7 berkecepatan 1,7 Ghz.

Chip ini akan berjalan menggunakan teknologi ARM big.LITTLE. Sedangkan arsitektur Cortex-A17 diharapkan bisa memberikan peningkatan kinerja sebesar 60% lebih baik daripada yang bisa dihadirkan dari Cortex-A9.

Fitur kemampuan merekam dan memutar video 4K2K juga disematkan pada chip dengan 8 inti ini. Kemampuan ini pernah juga dibawa oleh MediaTek pada prosesor MT6592 yang sudah diluncurkan lebih dulu.

MediaTek telah mengklaim memiliki prosesor buatannya dilengkapi kemampuan solusi octa-core yang lebih cepat dan lebih hemat daya daripada dibanding chip Exynos dari Samsung. Perusahaan asal Korea Selatan itu diperkirakan akan melakukan perlawanan kepada MediaTek di ajang Mobile World Congress akhir bulan ini.


Baca juga :  

Nih! Ponsel Pertama Bertenaga Octa-core MediaTek
Aplikasi Benchmark Ungkap Kinerja Prosesor Octa-Core MediaTek
Saingi Samsung, Inikah Chipset Octa-core ZTE?


Loading