Sukses

Kickstarter Kucurkan Rp 5,85 Triliun Untuk Orang Kreatif

Dana sekitar Rp 5,85 triliun tersebut disalurkan oleh Kickstarter kepada 3 juta orang kreatif di sepanjang tahun 2013.

Mungkin bagi kebanyakan masyarakat luas, situs Kickstarter tak terlalu menjadi sesuatu yang menarik. Akan tetapi bagi sebagian orang kreatif yang perlu modal, situs tersebut justru dianggap sebagai 'pahlawan' karena dapat membantu mewujudkan produk dan idenya menjadi nyata.

Situs Kickstarter dinilai sudah pantas menjadi perusahaan yang relatif matang. Laman pencarian modal dan dukungan bagi startup itu disebutkan telah mengucurkan dana sebesar USD 480 juta atau sekitar Rp 5,85 triliun untuk disalurkan kepada 3 juta orang kreatif di sepanjang tahun 2013.

Menurut laman Engadget yang dikutip, Jumat (10/1/2014), jumlah itu meningkat drastis dari tahun sebelumnya yang menggelontorkan dana USD 274 juta atau sekitar Rp 3,34 triliun yang diberikan kepada 2,2 juta orang kreatif yang sedang mencari modal.

Kehadiran situs Kickstarter cukup berguna bagi banyak orang untuk mengembangkan inovasi dan kreativitas yang dimilikinya. Beberapa produk yang kini hadir di pasaran seperti Oculus Rift dan Pebble merupakan buatan perusahaan yang dibiayai Kickstarter pada 2012 lalu.

Memang tak semua orang yang didanai Kickstarter menghasilkan sesuatu yang besar dan bisa digunakan banyak orang. Tapi setidaknya, kehadiran lama itu cukup banyak membantu orang kreatif yang memerlukan dukungan. (den/dew)


Baca juga :

Pebble Luncurkan Smartwatch Klasik Berlapis Baja
Pebble Akan Ungkap Pengumuman Besar di CES 2014
Galaxy Gear 2 Siap Meluncur di CES 2014?

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini