Sukses

3 Layanan <i>Cloud Computing</i> Terintegrasi Dalam 1 Perangkat

WD MyCloud EX4 memungkinkan pengguna mengakses Google Drive, Dropbox, dan SkyDrive langsung dalam satu perangkat.

Media penyimpanan berkapasitas besar kini seakan menjadi sebuah kebutuhan dasar bagi perangkat mobile. Meski telah dilengkapi dengan kehadiran memori eksternal, namun hal tersebut dinilai masih belum mampu mengakomodir kebutuhan akan media penyimpanan berkapasitas besar.

Kehadiran layanan penyimpanan berbasis Cloud yang bisa diakses melalui beragam perangkat pun menjadi sebuah solusi yang sangat membantu. Dan hebatnya, kini tiga layanan penyimpanan awan populer yakni Google Drive, Dropbox, dan SkyDrive kini bisa tersimpan dalam satu perangkat saja.

"Hal ini memudahkan pengguna mengakses data yang tersimpan di dalam ketiga layanan tersebut, terlebih jika terkendala dengan masalah kapasitas dalam layanan tersebut," ucap Simon Whitford selaku Senior Regional Marketing Manager, APAC Branding WD di Hotel Gran Hyatt, Jakarta, Kamis (28/11/2013).

MyCloud EX4 merupakan solusi network attached storage (NAS) 4-bay yang menyasar pekerja kreatif, profesional consumer, hingga end user. Simon menyebut jika keluarga atau bisnis skala kecil dan menengah juga bisa memanfaatkan produk ini dan dengan mudah memisahkan data sesuai dengan kebutuhan masing-masing pengguna.

Perangkat penyimpanan awan ini dapat kompatibel dengan sistem operasi Windows 8, Windows 7, Windows Vista, Windows XP, OS X Mavericks, Mountain Lion, Lion, Snow Leopard, iPhone, iPad, dan perangkat Android. MyCloud EX4 bahkan bisa digunakan hingga maksimal 10 pengguna.

Meski ditujukan untuk end-user, sayangnya WD menggunakan desain yang relatif 'serius' untuk sebuah perangkat penyimpanan. WD juga melengkapi perangkat besutannya ini dengan lebih dari 200 aplikasi pendukung yang bisa diunduh untuk memberikan keamanan ekstra pada data yang tersimpan didalamnya.

WD MyCloud EX4 mulai dipasarkan bulan November 2013 ini dalam empat jenis kapasitas penyimpanan, yakni driver-less seharga USD 475, 8 TB seharga USD 945, 12 Tb seharga USD 1.119 dan USD 1.385 untuk versi 16 TB. (vin/dhi)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini