Sukses

Unik, Kursi Roda Ini Bisa Dikemudikan Lewat Telinga

Untuk mengemudikannya, pasien dilengkapi sebuah chip untuk membaca gerakan otot telinga mereka.

Belum lama ini tim ilmuwan Jerman telah merancang sebuah perangkat yang memungkinkan penyandang cacat untuk mengarahkan kursi roda mereka menggunakan telinga.

Untuk mengemudikannya, pasien dilengkapi sebuah chip untuk membaca gerakan otot telinga mereka. Transmisi kecil itu diubah menjadi sinyal ke komputer yang melekat pada kursi roda untuk mengatur gerakan.

"Teknologi ini lebih nyaman jika dibandingkan dengan kursi roda yang dikemudikan lewat gerakan mata karena untuk menggunakannya pasien tidak perlu repot untuk mengedipkan mata," ujar David Liebetanz, pemimpin dari penelitian ini, seperti dikutip Mail Online, Jumat (15/11/2013).



Untuk memaksimalkan kinerja kursi roda ini para peserta studi yang terdiri dari sepuluh orang, menghabiskan waktu lima hari guna mengetahui bagaimana cara menggunakan otot telinga untuk berkomunikasi dengan perangkat lunak.

Selain itu mereka juga belajar bagaimana caranya memberikan feeback berdasarkan sinyal yang diterima dari otot telinga. Hasilnya, mereka semua berhasil menavigasi kursi roda tersebut di sekitar bangunan utama dari sebuah rumah sakit di Goettingen, Jerman.

Teknologi ini sendiri ditujukan bagi mereka yang menderita cedera tulang belakang yang serius, tepatnya untuk pasien yang tidak bisa lagi menggerakkan tangan dan kaki mereka. (isk/dew)










* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini