Sukses

Tips Mempercepat Proses Startup di PC Windows

Berikut langkah mudah yang bisa Anda lakukan untuk mengembalikan performa PC Anda dan membuat proses startup lebih cepat.

Tak jarang kita harus menunggu cukup lama ketika menyalakan PC dari posisi mati hingga siap digunakan (startup). Hal ini akan sangat merugikan bila kita sedang terburu-buru ingin menggunakan PC untuk keperluan yang sangat penting.

Lambatnya proses startup pada sebuah PC bisa disebabkan oleh banyak hal. Salah satu hal yang menjadi penyebab utama adalah terlalu banyaknya program yang secara otomatis ditampilkan ketika PC dinyalakan (pop-up).

Selain itu, jumlah shortcut program di laman menu desktop pun ditengarai menjadi penyebabnya. Akan tetapi pada kenyataannya menghapus shortcut program di desktop pun tak terlalu ampuh untuk mengobati lemotnya proses startup PC Anda.

Nah, daripada Anda terus-menerus dirugikan karena permasalahan ini, berikut adalah sejumlah langkah mudah yang bisa Anda lakukan untuk mengembalikan performa PC Anda dan membuat proses startup lebih cepat di sistem operasi Windows:

1. Klik tombol Start dan klik Run. Ketik “msconfig” pada kotak dialog Run dan lanjutkan dengan menekan tombol OK.



Pada jendela System Configuration Utility, terdapat tab startup, nonaktifkan program-program yang tidak ingin diluncurkan pada saat proses startup dijalankan dengan menghilangkan tanda centang pada nama program tersebut. Tetapi hati-hati agar tidak salah menonaktifkan program karena hal ini dapat menyebabkan komputer tidak dapat berfungsi dengan baik. Jika sudah, akhiri dengan menekan tombol OK.



2. Pilih tombol Restart jika ingin me-restart komputer atau pilih tombol Exit Without Restart jika tidak ingin me-restart komputer.

Setelah itu, Anda bisa menilai sendiri apakaha proses startup PC Anda sudah lebih cepat atau belum. Silahkan dicoba. 

(dhi/dew)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini