Sukses

Apple Siap Tampung Korban PHK BlackBerry

Apple bahkan dilaporkan secara langsung mengundang sejumlah karyawan BlackBerry yang terpilih via situs LinkedIn.

Apple tampaknya melihat peluang yang cukup menguntungkan dibalik rencana pemecatan 40% karyawan BlackBerry. Produsen iPhone dan iPad itu kabarnya tengah bersiap untuk merekrut para mantan karyawan BlackBerry yang terpaksa dirumahkan.

Menurut yang dilansir laman Financial Post, Sabtu (12/10/2013), Apple saat ini tengah mengadakan acara rekrutmen karyawan yang terbuka bagi umum di Ontario, Kanada, atau tepatnya hanya berjarak sekitar 20 kilometer dari kantor pusat BlackBerry di Waterloo. Apple bahkan dilaporkan secara langsung mengundang sejumlah karyawan BlackBerry yang terpilih via situs LinkedIn.

Posisi yang ditawarkan oleh Apple di acara perekrutan ini sendiri sebagian besar untuk ditempatkan di kantor pusat Apple di Cupertino, California, Amerika Serikat. Meski begitu, hal ini tidak menyurutkan animo masyarakat Ontario dan sekitarnya mengendur. Sebab, Apple disinyalir akan menjamin segala keperluan dan proses perpindahan calon karyawannya itu ke Cupertino.

Rencana BlackBerry untuk mem-PHK 40% tenaga kerjanya sebenarnya sudah diumumkan sejak bulan lalu. Tapi saat itu BlackBerry tidak mengatakan berapa banyak karyawan yang akan terkena dampak PHK secara lokal. BlackBerry sendiri terhitung telah memecat sekitar 7.000 karyawannya di seluruh dunia dalam tiga tahun terakhir.

Perusahaan asal Kanada tersebut saat ini memang sedang kelimpungan. Selain dikabarkan sedang sibuk mencari calon pembeli perusahaan, BlackBerry ditengarai sedang berusaha keras untuk tetap bisa bertahan dalam menggulirkan roda bisnisnya. (dhi/dew)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.