Sukses

BlackBerry Rugi Besar, Rekanan Ikut Terkena Dampak

BlackBerry telah mengumumkan prediksi kerugian sebesar US$ 1 miliar yang menimpa perusahannya. Kerugian yang diakibatkan oleh kurang bagusnya penjualan BlackBerry Z10 di pasaran berimbas pada perusahaan rekanan BlackBerry.

Salah satunya adalah ODM/OEM asal Taiwan, Wistron yang harus mengalami penurunan pesanan. Sebab, BlackBerry memilih untuk memotong jajaran produk yang akan diluncurkannya dari 6 model menjadi hanya 4 model, 2 di kelas atas dan 2 di kelas menengah.

Sedangkan pemasok komponen lain seperti Silitech dan Ichia yang membuat keypad disebutkan mengalami dampak yang tak terlalu besar. Kedua perusahaan itu telah mengurangi pasokan ke perusahaan yang berbasis di Waterloo itu.

Disebutkan Phone Arena yang Liputan6.com kutip, Selasa (24/9/2013), keuntungan yang didapatkan dari penjualan ke BlackBerry hanya berkontribusi sekitar 10 persen dari total pemasukan kedua perusahaan itu.

Menurut sumber yang dekat dengan perusahaan, saat ini BlackBerry sedang mempersiapkan pengapalan BlackBerry Z30 yang belum lama ini diluncurkan. Handset ini dibuat untuk menggantikan posisi Z10 sebagai handset andalan yang meluncur pada awal tahun ini.

Z30 yang membawa layar 5 inci diharapkan mampu bersaing dengan smartphone Android yang banyak beredar di pasaran. Semoga saja handset ini mampu memperbaiki kegagalan yang telah dilakukan Z10 di pasaran. (den/gal)

Lihat, Aksi Maling Terekam CCTV

Tutup Video
Loading