Sukses

Panasonic Hentikan Produksi Smartphone untuk Konsumen di Jepang

Panasonic telah mengatakan kepada NTT DoCoMo Inc bahwa pihaknya akan segera menghentikan suplai model smartphone terbaru.

Raksasa elektronik asal Jepang, Panasonic, dikabarkan akan menghentikan bisnis smartphone untuk kelas konsumennya. Panasonic mengumumkan akan menghentikan produksi di pabrik smartphone satu-satunya yang dimiliki pada Maret 2014 mendatang.

Dilansir dari laman Reuters, Kamis (29/8/2013), media Jepang Kyodo mengabarkan kalau Panasonic telah mengatakan kepada NTT DoCoMo Inc bahwa pihaknya akan segera menghentikan suplai model smartphone terbaru. Ini akan dilakukan mulai musim dingin mendatang.

Meski begitu, Panasonic masih menghadirkan model yang didesain secara khusus untuk pengguna korporat. Panasonic juga masih memproduksi model yang dipesan oleh perusahaan di luar Jepang. Adapun produksi dan penjualan domestik dari ponsel konvensional juga masih akan terus dilakukan.  

Di bulan Juli kemarin, Panasonic mengatakan penjualan smartphone miliknya menurun tajam di periode April - Juni. Salah satu penyebabnya adalah adopsi dari strategi pemasaran baru oleh NTT DoCoMo yang menawarkan diskon besar untuk smartphone besutan Sony dan Samsung. Tentu ini mempengaruhi turunnya penjualan Panasonic, terutama di segmen smartphone.

Selain itu, dikutip dari Nikkei, Panasonic juga sedang mendekati calon pembeli yang berminat dengan bisnis basis stasiun seluler miliknya. Salah satu perusahaan yang dikabarkan serius mendekati Panasonic adalah Nokia. (gal)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.