Sukses

Yahoo Mulai Kalahkan Google di AS versi comScore

Yahoo sukses mendapatkan 196,6 juta unique visitors. Perolehan ini menempatkan Yahoo di posisi teratas di Amerika Serikat.

Di bawah kepemimpinan CEO Marissa Mayer, Yahoo memang memperlihatkan geliatnya. Ini terlihat dari sejumlah akuisisi yang dilakukan Yahoo, mulai dari layanan populer seperti Tumblr atau startup yang baru naik daun seperti Summly. Tapi tak hanya itu saja, situs Yahoo pun masih dianggap sebagai salah satu yang terpopuler.

Bahkan dilansir dari laman All Things D, Kamis (22/8/2013), properti milik Yahoo mulai mengalahkan Google di Amerika Serikat. Ini berdasarkan angka pengunjung unik (unique visitors) pada periode Juli, menurut perhitungan lembaga riset comScore.

Yahoo sukses mendapatkan 196,6 juta unique visitors. Perolehan ini menempatkan Yahoo di posisi teratas di Amerika Serikat. Sedangkan Google hanya mendapatkan 192,3 juta unique visitors.

Menariknya, perolehan yang didapat Yahoo itu tak termasuk layanan blog Tumblr. Sebab Tumblr mendapat perhitungan sendiri dan menempati peringkat 28 dengan 38,4 juta unique visitors.

Prestasi Yahoo ini pertama kali diungkap Greg Sterling di laman Marketing Land. Menurut Sterling, ini pertama kalinya Yahoo berada di puncak sejak 2008. Tapi menurut Vice President comScore Andrew Lipsman, Yahoo pernah menempati peringkat teratas pada Mei 2011.

Lipsman memang mengakui kalau Google dan Yahoo bersaing ketat untuk merebut posisi puncak. Di bulan Juni, Google sebenarnya sempat unggul atas Yahoo dengan selisih 4 juta unique visitors.

Tapi sayangnya perhitungan ini belum mencakup semua kategori penting di mobile. Google masih memiliki potensi untuk menjadi yang teratas untuk multi-platform. Sebab Google memang dianggap cukup perkasa di mobile, tentu saja berkat sistem operasi Android yang dimilikinya.

Tapi hingga saat ini juru bicara Yahoo Anne Espiritu enggan memberikan komentar atas perhitungan pihak ketiga. Adapun Google masih belum bisa dimintai komentarnya. (gal)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini