Sukses

Penyebab Galaxy S3 Meledak di Saku Celana Gadis Terkuak

Kasus meledaknya smartphone Galaxy S3 saat berada di dalam saku seorang gadis muda asal Swiss perlahan mulai menemukan titik terang.

Kasus meledaknya smartphone Samsung Galaxy S3 saat berada di dalam saku seorang gadis muda asal Swiss perlahan mulai menemukan titik terang. Menurut pihak Samsung, sumber penyebabnya adalah baterai.

Dalam pengakuan Samsung kepada situs Le Matin yang dilansir SamMobile dan dikutip Senin (22/7/2013), baterai yang dipakai dalam Galaxy S3 milik gadis bernama Fanny Schlatter itu bukanlah hasil produksi Samsung ataupun perusahaan rekanannya.

Pengakuan Samsung itu diperkuat oleh laboratorium EMPA Material & Science Technology dengan keterangan serupa. Sayangnya, sebuah foto muncul memperlihatkan stiker baterai resmi milik Samsung yang identik dengan versi asli buatannya. Jika itu terbukti palsu, maka Samsung bakalan mendapat berbagai masalah lainnya akibat baterai tersebut.

Kejadian meledaknya Galaxy S3 itu sendiri terjadi pada awal Juli lalu. Saat itu Schlatter yang masih berusia 18 tahun dikejutkan dengan suara ledakan dan bau yang aneh berasal dari Samsung Galaxy S3 yang terbakar di dalam saku celananya. Samsung yang mendapatkan laporan atas kecelakaan tersebut pun segera melakukan investigasi.

Terlepas dari baterai itu asli apa palsu, karena kejadian ini Schlatter harus menderita luka bakar tingkat dua dan tiga di bagian pahanya karena ledakan smartphone buatan Samsung. Akibat luka itu ia harus mengambil cuti untuk memulihkan lukanya.

Kasus meledaknya smartphone sudah sering terjadi. Sebelumnya Galaxy S3 dilaporkan meledak saat di-charge dan ditinggal tidur. Bahkan, perangkat iPhone 5 yang dikenal memiliki kualitas dan desain yang baik itu pun sempat diberitakan meledak saat dipakai menelepon. (den/dew)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.