Sukses

Printer HP Ini Mampu Berikan Hasil Cetakan Kuat Selama 200 Tahun

Printer ini diklaim mampu memberikan hasil terbaik dalam mencetak karya fotografi dan pencetakan digital dengan kualitas kelas galeri.

Hewlett Packard (HP) kembali memperkenalkan mesin cetak (printer) terbarunya untuk segmen pencetakan digital berukuran besar. Adalah Designjet Z3200, printer yang ditujukan untuk para fotografer profesional, perancang grafis dan agen iklan.

Printer ini diklaim mampu memberikan hasil terbaik dalam mencetak karya fotografi dan pencetakan digital dengan kualitas kelas galeri. Cetakan Designjet Z3200 disebutkan dapat memberikan hasil cetak yang mampu bertahan hingga 200 tahun.

Ketahanan pada hasil cetak HP Designjet Z3200 ini telah mendapat sertifikasi dari sebuah lembaga tes ketahanan fasilitas cetak, Wilhelm Imaging Research. Ini karena penggunaan media cetak dan tinta berkualitas tinggi sehingga membuat hasil cetakan Z3200 tahan lama.

"Pengujian dari hasil cetak printer Designjet Z3200 dengan situasi dan pencahayaan yang biasa digunakan dalam galeri. Penggunaan bahan dan tinta yang bagus menjadikan hasil cetakannya mendapat pengakuan bisa tahan sampai 200 tahun," papar Lydia Budianto, Market Development Manager HP Designjet-Graphics Solution Business Printing & Personal System Group di fX Mall, Jakarta, Selasa (2/7/2013).

Designjet Z3200 menggunakan sistem pencetakan dengan 12 tinta memakai tinta pigmen HP Vivera. Kehadiran fitur HP 73 Chromatic Red Ink di dalamnya diakui HP bisa memungkinkan cakupan kolaborasi warna standar Pantone hingga 95 persen.

Sebagai bagian dari seri Z, Designjet Z3200 menawarkan fitur Color Center dengan spectrophotometers yang memungkinkan penggunanya lebih mudah mendapatkan kalibrasi warna dan profiling yang akurat. Fitur ini juga dilengkapi kemampuan pengaturan kertas yang akan dipakai sebagai media cetak agar sesuai dengan kebutuhan pewarnaan dari sisi volume dan tingkat kilapnya.

Di bagian dalamnya HP juga membenamkan Optical Drop Detector (ODD) yang berfungsi mencegah penyumbatan pada pipa semprot di print head-nya. Komponen ini disebutkan bertugas meminimalisasi hasil cetak yang salah dan mengurangi tinta yang terbuang percuma.

HP juga mengaku bekerjasama dengan Nikon untuk memanfaatkan Designjet Z3200 dengan kamera Nikon D3 untuk melakukan reproduksi karya seni. Kolaborasi keduanya memperluas HP Artist Software yang disebutkan dapat membantu para pekerja kreatif tanpa perlu keahlian pengaturan warna yang terlalu rumit dalam menghasilkan hasil reproduksi karya seni bernilai tinggi.

Lebih dari 50 jenis media cetak mampu dijadikan sebagai bahan dasar pencetakan Z3200. Printer ini memiliki dua model dengan ukuran berbeda, yakni 24 inci yang dihargai USD 5400 dan USD 44 inci seharga US$ 8 ribuan. (den/gal)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini