Sukses

Oppo Reno 12 Series Siap Meluncur di Indonesia, Hadirkan Pengalaman AI Generatif

Oppo Reno 12 Series dipastikan siap meluncur di Indonesia dengan sejumlah fitur andalan, termasuk tambahan AI generatif.

Liputan6.com, Jakarta - Setelah meluncur di Tiongkok, Oppo kini resmi mengumumkan kehadiran Reno 12 Series ke pasar global, termasuk di Indonesia. Ada dua model yang disiapkan hadir di Tanah Air, yakni Oppo Reno 12 pro 5G dan Reno 12 5G.

Menurut laporan, kedua perangkat Oppo Reno 12 Series itu telah terdaftar di laman resmi sertifikasi Postel Ditjen SDPPI Kementerian Kominfo dan TKDN Kementerian Perindustrian.

Oppo Reno 12 Pro 5G terdaftar dengan nomor model CPH2629, sedangkan Oppo Reno 12 5G terdaftar dengan nomor model CPH2625. Di situs resmi TKDN, varian Pro mendapatkan nilai 36,35 persen dan varian regular memperoleh 36,65 persen.

Sejak pertama kali meluncur, DNA Reno Series memang menawarkan kemampuan fotografi yang mumpuni, desain stylish, serta performa tinggi. Tiga hal itu pun dipertahankan di Oppo Reno 12, tapi dengan sejumlah peningkatan.

Salah satu yang menjadi andalan adalah kehadiran teknologi AI generative. Karenanya, lini HP Oppo terbaru ini diharapkan bisa menerapkan standar baru untuk smartphone AI di 2024.

"Dengan upaya dan komitmen kami yang tiada henti, Oppo bertujuan untuk membuat smartphone AI terjangkau bagi semua orang, tutur President of Overseas Marketing, Sales, dan Service Oppo Billy Zhan dalam keterangan resmi yang diterima, Senin (8/7/2024).

Tidak hanya itu, Billy menuturkan, untuk pertama kalinya dalam industri Oppo membawa AI generatif ke semua lini produk. Menurut, Oppo berharap pada akhir 2024 bisa membawa fitur AI generative ke sekitar 50 juta pengguna.

Melalui lini Reno 12 dan Reno 12 Pro pula, Oppo berupaya menunjukkan dedikasinya dalam mengembangkan teknologi yang tidak hanya sekadar memenuhi kebutuhan pelanggan, tapi juga melebihi harapan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Oppo Reno 12 dan Reno 12 Pro Rilis di Eropa, Cek Spesifikasi Lengkapnya

Sebelumnya, Oppo akhirnya mengungkap Reno12 series mereka di Eropa, tadi malam. Smartphone ini hadir dengan sejumlah perbedaan dengan versi Tiongkok. 

Oppo Reno 12 Series ini hadir dengan chipset yang memiliki efisiensi daya, fungsionalitas AI, dan fitur komunikasi saat kondisi darurat.

Mengutip Gizchina, Rabu (19/6/2024), perbedaan utama Oppo terdapat pada penggunaan chipset Dimensity 7300-Energy. Chipset ini hadir sebagai kolaborasi antara MediaTek dan Oppo yang diklaim membawa efisensi daya tinggi. 

Dimensity 7300 membawa arsitektur core 4x ARM Cortex-A78 dengan clock speed 2.5GHz untuk mengerjakan tugas. Selain itu juga core 4x ARM Cortex-A55 dengan kecepatan clock 2GHz untuk efisiensi daya.

Chipset ini menggunakan GPU Mali G615 MC2 untuk mendukung grafisnya. 

Oppo Reno 12 hadir dengan RAM 12GB (dengan RAM virtual 12GB) dan opsi memori internal 256GB atau 512GB. Selain itu, Reno 12 juga didukung ekspansi memori dengan slot kartu microSD. 

Baik Reno 12 dan Reno 12 Pro sama-sama memiliki layar 6,7 inci jenis OLED dengan refresh rate 120Hz dan resolusi FHD+ (20:9). Layar tersebut menawarkan dukungan HDR10+ dengan puncak kecerahan 1200 nits. 

Pada sisi lain, Oppo Reno 12 Pro menawarkan Gorilla Glass Victus dan Reno12 menawarkan penggunaan pelindung Gorilla Glass 7i. 

3 dari 4 halaman

Kamera Oppo Reno 12 Series

Oppo Reno 12 Pro didukung kamera lebih superior. Salah satunya dukungan lensa Sony LYT600 50MP dengan aperture f1.8 dan OIS. 

Smartphone ini juga memiliki lensa ultra-wide 8MP jenis sensor IMX355. Lalu, ada pula sensor Samsung JN5 50MP. 

Adapun lensa selfie-nya adalah 50MP dengan jenis wide 21mm. Kombinasi ini membuat Oppo memiliki kemampuan sebagai Portrait Expert, di mana kedua kamera bisa merekam 4K dengan kemampuan perekaman 30fps. 

Pada sisi lain, Oppo Reno 12 didukung kamera ultra-wide dan kamera utama yang sama, namun tak ada lensa telephoto. 

Sementara kamera selfie-nya memiliki resolusi 32MP dan ada lensa 21mm dengan dukungan phase detection autofocus

4 dari 4 halaman

Dukungan AI

Bicara dukungan AI, perangkat Reno12 series menawarkan fitur AI seperti AI Clear Face. Fitur ini bekerja dengan meningkatkan kontur wajah, rambut, alis. 

Oppo juga meningkatkan AI Eraser, sebuah fitur berbasis AI yang memungkinkan ponsel mendeteksi objek dan mengizinkan pengguna menghapusnya. 

Untuk teks dan ucapan, Oppo Reno12 didukung AI Toolbox yang terdiri dari kemampuan AI Write, AI Speak, dan AI Summary. Semuanya kemampuan AI ini didukung model Gemini milik Google. 

Pada aplikasi Perekaman, Oppo juga memberikan fitur AI Recording Summary. Fitur ini bisa membuat ringkasan dan mengorganisir ke catatan yang menggarisbawahi kemampuan to-do list, waktu, lokasi, dan informasi kunci lainnya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini