Sukses

Canva Glow Up! Antarmuka Kini Makin Nyaman Buat Ngedit

Untuk tingkatkan kenyamanan saat editing, Canva hadirkan sejumlah fitur dan paket berlangganan baru.

Liputan6.com, Jakarta - Salah satu website dan aplikasi editing paling banyak digunakan, Canva, telah meluncurkan fitur baru dan kehadiran paket berlangganan khusus bisnis di acara Canva Create di Los Angeles, AS.

Di acara itu, Canva menghadirkan perombakan desain baru untuk antarmuka penggunaan (User Interface/UI), dengan homepage baru, dan peningkatan pengalaman editing bagi semua pengguna.

Pembaruan tersebut merupakan perombakan desain terbesar perusahaan setelah lebih dari satu dekade berdiri.

Tak sampai di situ, aplikasi Canva juga menghadirkan paket berlangganan Enterprise baru bagi perusahaan yang ingin menggunakan aplikasi ini dengan beberapa fitur khusus.

Selain itu, perusahaan juga memperkenalkan fitur baru Canva, yaitu Magic Studio dan Visua Suite. Menariknya, kedua fitur ini didukung oleh kecerdasan buatan (AI).

Melanie Perkins, CEO dan salah satu pendiri Canva, mengatakan perusahaan sangat antusias untuk menghadirkan pengalaman baru bagi pengguna awam hingga profesional untuk membuat desain di Canva.

"Kami sangat antusias untuk memperkenalkan pengalaman Canva yang diperbarui dan serangkaian produk baru untuk memberdayakan setiap organisasi dalam mendesain," ujar Melanie, sebagaimana dikutip dari Gadgets360, Minggu (26/5/2024).

"Kami mendemokratisasi ekosistem desain pada dekade pertama dan sekarang berharap dapat menyatukan ekosistem desain, AI, dan alat alur kerja yang terfragmentasi untuk setiap organisasi pada dekade kedua,” Melanie menambahkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Perombakan Antarmuka Canva

Salah fitur yang dipamerkan dari acara tersebut adalah keputusan Canva untuk mengubah platformnya termasuk halaman beranda dan ruang pengeditan.

Canva menyebut, antarmuka pengguna baru dirancang untuk mempercepat alur kerja dan meningkatkan produktivitas tempat kerja, dan serta menghadirkan beberapa perubahan untuk tingkatkan pengalaman editing, berikut diantaranya:

  • Toolbar pengeditan kontekstual baru dengan akses ke penghapus latar belakang sekali klik dan alat Magic Studio AI di bagian depan
  • Beranda baru yang dapat disesuaikan tempat pengguna agar dapat memfavoritkan desain, folder, dan template desain
  • Terdapat fitur khusus bagi pengguna paket berlangganan Enterprise agar dapat menyematkan konten perusahaan atau tim ke bagian atas beranda
  • Antarmuka pencarian yang ditingkatkan dengan banyak filter
  • Navigasi yang lebih mudah untuk memungkinkan tim berpindah antar proyek dan mengakses aset dan sumber daya
3 dari 4 halaman

Canva Enterprise Resmi Diperkenalkan

Canva Enterprise juga diumumkan sebagai layanan berlangganan baru yang ditujukan untuk organisasi besar yang memiliki persyaratan manajemen merek, administrasi, pelaporan, dan keamanan yang kompleks. Canva mengklaim paket berlangganan ini akan memungkinkan perusahaan besar untuk membuat desain dan template serta alat dalam jumlah besar untuk berkolaborasi secara internal dalam skala besar.

Selain itu, paket ini juga dilengkapi dengan alat admin untuk mengamankan aset merek. Beberapa fitur lainnya antara lain:

  • Penyimpanan cloud yang dapat diskalakan untuk menawarkan ruang yang cukup untuk menyimpan desain dan memberikan akses aman kepada karyawan suatu organisasi
  • Akun terpusat dengan desain terkonsolidasi, produksi konten, kolaborasi, dan alat AI untuk mengelola langganan dengan mudah
  • Fitur keamanan tambahan seperti Canva Shield, SSO, SCIM, dan MFA untuk menjaga keamanan data organisasi

Canva Magic Studio Hadir dengan Fitur AI Baru

Menyoroti bahwa Magic Studio telah digunakan lebih dari 6,5 miliar kali sejak diluncurkan pada Oktober 2023, Canva memperkenalkan enam fitur baru untuk rangkaian pengeditan bertenaga AI pada acara tersebut.

  • Magic Media: Fitur ini adalah generator teks-ke-gambar bertenaga AI yang mampu membuat grafik, ikon, dan ilustrasi
  • Magic Desain: Dapat menghasilkan presentasi berkualitas tinggi dengan AI.
  • Magic Switch: Alat AI ini dapat mengonversi desain ke dokumen khusus apa pun dengan perintah teks
  • Alat Gaya & Tata Letak baru untuk menerapkan warna dan templat merek ke seluruh desain dengan satu klik
  • Editor foto bertenaga AI yang ditingkatkan
  • Fitur Hightlight yang memotong dan memilih klip terbaik dari bahan video berdurasi panjang
  • Enhance Voice: Fitur ini akan meningkatkan audio dan mengurangi kebisingan latar belakang dalam video

 

4 dari 4 halaman

Peningkatan di Canva Visual Suite

Canva juga memperkenalkan beberapa fitur baru pada Visual Suite.

Pengguna kini dapat melacak perubahan dan berkolaborasi pada pengeditan sebelumnya, serta mendapatkan akses ke perpustakaan aset dan template yang disetujui oleh Amazon Ads, Google, dan Meta.

Selain itu, terdapat fitur Data Autofill yang memungkinkan bisnis mengimpor data dari platform pihak ketiga seperti Salesforce dan MLS (Multiple Listing Services).

Terakhit, terdapat fitur Bulk Create yang memungkinkan pengguna mengunggah file CSV atau Excel untuk memperbarui gambar, teks, dan grafik dengan cepat di berbagai desain.

Canva Work Kits

Memperluas produknya untuk memenuhi kebutuhan tempat kerja, Canva memperkenalkan serangkaian alat khusus yang disebut Work Kits untuk berbagai tim seperti departemen pemasaran, sumber daya manusia, penjualan, dan industri kreatif.

Canva Work Kits dapat disesuaikan dan dapat diberi merek menggunakan fitur Canva Brand Kit.

Kursus Desain bagi Pemula

Perusahaan juga meluncurkan Canva Courses, yang menyediakan kursus interaktif untuk membantu pengguna mempelajari dan meningkatkan keterampilan desain mereka dalam berbagai format seperti presentasi, dokumen, dan video. Kemajuan dari pembelajaran di Canva Courses juga dapat dikelola dari dasbor pusat.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.