Sukses

WhatsApp Uji Coba Integrasikan Meta AI ke Platform Pesan, Mau Bikin Perpesanan Lebih Cerdas

WhatsApp tengah melakukan uji coba mengintegrasikan Meta AI ke platform perpesanan tersebut untuk membuat pengalaman perpesanan yang lebih cerdas.

Liputan6.com, Jakarta Platform pesan instan terkemuka di dunia, WhatsApp, tengah aktif menjajaki integrasi fitur kecerdasan buatan alias AI.

Kabarnya, Meta melakukan uji coba terbatas di AS terkait AI. Perusahaan induk WhatsApp ini dikabarkan tengah melakukan uji coba tambahan di berbagai negara untuk mengukur respons pengguna dan mengoptimalkan asisten AI, Meta AI.

Mengutip Gizchina, Sabtu (13/4/2024), fokus uji coba AI ini menegaskan komitmen WhatsApp terhadap inovasi dan peningkatan pengalaman pengguna. Perkembangan terbaru menunjukkan dua metode potensial agar WhatsApp bisa berinteraksi dengan Meta AI.

1. Integrasi Bilah Pencarian

Pendekatan ini sudah terlihat bagi beberapa pengguna aplikasi WhatsApp di Android dan iOS. Pendekatan ini memungkinkan pengguna langsung bertanya dalam bilah pencarian.

Antarmuka tersebut dapat mencakup saran untuk memudahkan interaksi dan menyederhanakan pengalaman.

2. Shortcut Chatbot Khusus

Dalam uji coba terpisah, saat ini terbatas pada pengguna terpilih di India. Lewat uji coba ini WhatsApp memperkenalkan shortcut khusus untuk Meta AI di dalam bilah atas aplikasi.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Evaluasi Pilihan Pengguna akan Implementasi AI di WhatsApp

Hal ini memberikan titik akses yang lebih langsung bagi pengguna yang mencari bantuan AI.

Pendekatan-pendekatan tersebut berfungsi sebagai percobaan atau eksperimen untuk mengevaluasi preferensi pengguna terkait aksesibilitas.

Ke depannya masih harus dilihat apakah WhatsApp akhirnya akan mengadopsi satu metode, mengintegrasikan keduanya, atau mengembangkan solusi yang sama sekali berbeda.

Namun, menganalisis perilaku pengguna selama fase pengujian akan menjadi kunci dalam menentukan strategi implementasi optimal untuk peluncuran fitur ke pengguna yang lebih luas.

3 dari 4 halaman

Mau Hadirkan Pengalaman Perpesanan Lebih Efisien

Sekadar informasi, dengan menggabungkan fungsionalitas AI, WhatsApp berupaya memberdayakan pengguna dengan pengalaman komunikasi lebih baik dan efisien.

Kemampuan memanfaatkan AI bagi tugas seperti pengambilan informasi atau menyelesaikan pertanyaan langsung dalam platform memiliki potensi besar untuk keterlibatan pengguna dan optimasi waktu.

Adapun perluasan integrasi AI ini sejalan dengan tren yang lebih luas di sektor mobile. Di mana, chatbot yang ditenagai AI kian dipakai untuk personalisasi pengalaman pengguna dan menyederhanakan interaksi.

Keberhasilan implementasi AI WhatsApp pun dinilai bergantung pada feedback pengguna, selama fase pengujian sekaligus kemampuan WhatsApp mengatasi kebutuhan dan preferensi yang diinginkan.

 

4 dari 4 halaman

Uji Coba Fitur Mention

Sebelumnya, WhatsApp melakukan uji coba terkait fitur yang dapat memberitahu unggahan status kontak yang tersimpan melalui notifikasi.

Fitur tersebut hadir di WhatsApp versi 2.24.6.19 dan diperkenalkan dengan sebutan "Mentions".

Mentions dapat memungkinkan pengguna menandai kontak yang tersimpan dalam pembaruan status WA dengan pemberitahuan melalui notifikasi mengambang.

WhatsApp tampaknya menjajaki opsi notifikasi yang lebih luas untuk pembaruan status secara umum.

Mengutip dari Gizmochina, Senin (8/4/2024), situs leaker fitur WhatsApp, WABetaInfo baru-baru ini menemukan tangkapan layar yang menunjukkan bahwa aplikasi tersebut sedang menguji notifikasi untuk pembaruan status yang tidak terlihat.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.