Sukses

Begini Cara Aktivasi eSIM Telkomsel, Gampang Banget!

Berikut cara mengaktifkan kartu eSIM Telkomsel untuk seluruh jaringan Telkomsel baik itu 2G, 4G, dan 5G tanpa kartu SIM fisik.

Liputan6.com, Jakarta - Telkomsel secara resmi meluncurkan layanan eSIM alias Embedded Subscriber Identity Module untuk semua pelanggan di Indonesia dan luar negeri.

eSIM adalah layanan yang memungkinkan pelanggan untuk mengakses semua jaringan Telkomsel, baik itu 2G, 4G, dan 5G, tanpa menggunakan kartu SIM fisik.

Layanan ini dirancang untuk memaksimalkan fitur multi-SIM pada perangkat telekomunikasi. eSIM hadir dengan pengalaman digital yang lancar, mudah, dan praktis.

eSIM Telkomsel hadir dengan berbagai pilihan paket yang bisa dipilih oleh pelanggan. Selain itu, pelanggan juga bisa memilih nomor sendiri sesuai dengan ketersediaan.

Direktur Utama Telkomsel, Nugroho, menjelaskan kehadiran eSIM Telkomsel adalah respons terhadap peningkatan jumlah handset yang menggunakan fitur eSIM.

Selain itu, permintaan dan kebutuhan dari pelanggan juga menjadi alasan mengapa Telkomsel memperkenalkan layanan ini tanpa menggunakan kartu fisik.

"Telkomsel hadir dengan solusi inovatif yang tidak hanya memenuhi kebutuhan pelanggan yang dinamis, tetapi juga merespon peningkatan penggunaan fitur dan teknologi eSIM pada handset. Hal ini bertujuan untuk memberikan kemudahan dan kepraktisan kepada pelanggan," kata Nugroho, seperti yang dikutip dari keterangan Telkomsel.

Pria yang akrab disapa Nugie itu berharap kehadiran layanan eSIM akan memudahkan pelanggan dalam mengakses berbagai layanan digital.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Cara Melakukan Pembelian dan Aktivasi eSIM Telkomsel

  • Pembelian dan pendaftaran eSIM Perdana Telkomsel bisa dilakukan dengan mudah secara online melalui tsel.id/esim.
  • Kamu bisa memilih nomor yang kamu inginkan dan paket eSIM yang sesuai dengan kebutuhanmu.
  • Setelah berhasil membeli, kamu akan menerima email yang berisi kode QR untuk aktivasi eSIM.
  • Kamu bisa memindai dan menyimpannya sebagai gambar, atau melakukan aktivasi langsung melalui aplikasi MyTelkomsel.
  • Selanjutnya, kamu dapat melakukan registrasi dengan mengikuti tautan ke halaman registrasi SIM yang sudah terisi dengan nomor yang kamu pilih sebelumnya.
  • Namun, saat melakukan registrasi, kamu diharuskan untuk melakukan validasi NIK dan No. KK sebagai bagian dari proses pendaftaran.
  • Perlu diingat, setiap KTP dan No. KK hanya bisa digunakan untuk maksimal 3 nomor eSIM sesuai dengan regulasi pemerintah.
3 dari 4 halaman

1 Barcode eSIM Hanya untuk 1 Perangkat

Perlu diingat, eSIM Telkomsel membutuhkan perangkat yang mendukung teknologi eSIM dan tidak dapat digunakan pada lebih dari 1 perangkat.

Kode QR dari 1 nomor yang sudah dipindai dan terpasang di 1 perangkat, tidak dapat dipindai kembali di perangkat lainnya.

Untuk dapat menggunakan kode QR di perangkat lain, pelanggan harus menghapus eSIM pada perangkat pertama.

4 dari 4 halaman

Pilihan Paket Perdana untuk eSIM

  • Paket Telkomsel Prabayar, paket perdana yang dirancang untuk menjaga pemakaian pulsa dan konsumsi data dari kouta internet nasional dan lokal, sesuai lokasi pembelian kartu perdana.
  • Kartu perdana Paket Halo+ (pascabayar) memungkinkan pelanggan mendapatkan berbagai benefit. Mulai dari kuota semua jaringan, untuk data, SMS, telepon, roaming, hingga kemudahan pembayaran tagihan di berbagai channel pembayaran.

Pelanggan Halo+ juga bisa mendapatkan kuota data yang lebih besar dan bebas akses sejumlah layanan premium OTT. Lebih lanjut, proses registrasi dan migrasi ke Halo+ pun semakin mudah melalui telkomsel.com atau GraPARI terdekat.

  • Perdana eSIM Paket RoaMAX (prabayar), pelanggan eSIM Telkomsel dapat tetap terkoneksi layanan roaming internasional dengan kuota data roaming 10 GB dan masa berlaku 7 hari, serta aktivasi layanan instan saat bepergian ke lebih dari 85 negara di Asia, Australia, Eropa, Amerika Serikat, dan Kanada.

Pelanggan dapat mengisi ulang paket atau memilih paket lain melalui aplikasi MyTelkomsel atau UMB *266#.

Pelanggan yang sudah memiliki eSIM sebelumnya juga dapat memilih Paket Internet Domestik dan Paket RoaMAX Telkomsel di aplikasi MyTelkomsel, telkomsel.com dan GraPARI.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.