Sukses

Instagram Disebut bakal Hadirkan Fitur untuk Mundurkan Tanggal Postingan

Instagram dikabarkan akan memiliki fitur baru di mana pengguna dapat memundurkan jadwal foto yang ingin diposting.

Liputan6.com, Jakarta - Salah satu aplikasi media sosial paling populer, Instagram, disebut akan memiliki fitur baru di mana pengguna dapat memundurkan jadwal foto yang ingin diposting.

Dikutip dari Android Authority, Senin (18/3/2024), leaker terpercaya Alessandro Paluzzi membagikan gambar di X (sebelumnya Twitter) tentang fitur baru yang tampaknya sedang dikerjakan Instagram.

Pada sebuah screenshot yang dibagikan, terdapat opsi “Post to the past” di antara daftar menu Sharing.

Fitur Post to The Past ditampilkan dengan ikon kalender dan berada tepat di atas opsi Boost Post.

Terdapat panah di sebelah kanan opsi ini, yang menunjukkan bahwa dengan mengetuk fitur tersebut, pengguna dapat memilih tanggal untuk memundurkan foto yang ingin diposting.

Jika fitur in tersedia, kemungkinan postingan yang dimundurkan jadwalnya akan ditampilkan indikasi atau tanda agar diketahui oleh pengguna.

Bocoran fitur ini merupakan hal terbaru dari serangkaian fitur mendatang untuk aplikasi milik Meta yang disinggung Paluzzi dalam beberapa hari terakhir.

Selain fitur Post to The Past, terdapat fitur lain yang akan datang yang minggu. Fitur itu termasuk kemampuan untuk mengirim file di DM Instagram, format “Shot” Story baru, dan fitur kamera “Pop-mode”.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Facebook dan Instagram Down di Seluruh Dunia, Ini Tanggapan Meta

Sementara itu, ratusan ribu pengguna aplikasi Facebook dan Instagram sempat mengeluhkan adanya gangguan ada Selasa (5/3/2024). Keluhan tersebut tidak hanya datang dari pengguna di Indonesia tetapi juga pengguna lainnya di seluruh dunia.

Melansir dari Variety, para pengguna mengeluhkan adanya masalah di kedua aplikasi tersebut. Salah satu pengguna menceritakan bahwa mereka mengalami gangguan ketika masuk atau login di platform aplikasinya.

Selain itu pengguna yang ingin mengunggah konten Instagram Story juga mengalami gangguan dengan munculnya notifikasi “Story not uploaded”. Alhasil pada Selasa malam para pengguna banyak mengeluhkan permasalahan tersebut.

Juru bicara Meta Andy Stone membagikan di platform X (sebelumnya Twitter) bahwa saat itu terdapat gangguan dalam aplikasinya. Ia juga menuturkan bahwa pihaknya akan segera menyelesaikan masalah dalam aplikasinya.

“Sebelumnya hari ini, ada masalah teknis yang menyebabkan orang kesulitan mengakses beberapa layanan kami. Kami menyelesaikan masalah ini secepat mungkin untuk semua orang yang terkena dampaknya, dan kami mohon maaf atas ketidaknyamanan yang terjadi,” ujarnya.

Sebagai informasi, peristiwa gangguan yang terjadi di beberapa aplikasi Meta bukan yang pertama kali terjadi. Sebelumnya di bulan Oktober 2021 Meta sempat mengalami gangguan serupa di beberapa aplikasi.

3 dari 4 halaman

Penyebab Gangguan di Facebook dan Instagram

Saat ini belum ada tanggapan dari Meta terkait penyebab gangguan yang terjadi pada aplikasi Facebook dan Instagram. Melansir dari The Hill saat gangguan terjadi juru bicara Meta Andy Stone sempat menyebutkan bahwa terdapat masalah teknis pada aplikasinya.

Sehingga beberapa pengguna tidak bisa mengakses layanan aplikasi Meta dalam beberapa waktu. Andy Stone juga tidak memberikan rincian terkait penyebab gangguan tersebut dan pihaknya hanya menjelaskan akan menyelesaikan gangguan tersebut secepat mungkin.

Sementara itu melansir dari akun Instagram resmi Meta melalui platform Thread mengumumkan bahwa saat ini layanan aplikasi mereka sudah kembali pulih. Pihaknya juga meminta maaf kepada para pengguna atas gangguan tersebut.

“Dan kami kembali! Terima kasih atas kesabaran Anda saat tim kami berupaya memulihkan akses ke beberapa aplikasi kami pagi ini,” tulis @meta.

4 dari 4 halaman

Infografis Facebook, Instagram & WhatsApp Tumbang

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.