Sukses

iPad Pro dan iPad Air Baru Segera Meluncur dengan Desain Lebih Tipis dan Ringan

Bocoran terbaru tentang iPad Pro dan iPad Air menyebutkan tablet milik Apple tersebut akan meluncur akhir bulan ini dengan desain lebih tipis dan ringan.

Liputan6.com, Jakarta - Bocoran ragam produk Apple, baik itu iPhone, Mac, hingga iPad memang selalu mencuri perhatian dan membuat banyak pihak penasaran.

Setelah merilis MacBook Air dengan chipset M3, rumor tentang lini iPad baru pun semakin banyak diperbincangkan.

Informasi terkini datang dari leaker Mark Gurman di Bloomberg, di mana dirinya mengatakan seri iPad baru akan segera dirilis.

Mengutip Mark Gurman via GSM Arena, Rabu (13/3/2024), iPad baru milik Apple akan segera meluncur, entah itu pada akhir Maret atau awal April.

Adapun seri iPad yang menjadi perbincangan adalah pembaruan dua model iPad Pro saat ini, tetapi bakal memiliki perbedaan.

Disebutkan, duo iPad Pro teranyar milik Apple tersebut akan memiliki bodi lebih ramping berkat penggunaan panel OLED.

Tak hanya iPad Pro, perusahaan bermarkas di Cupertino tersebut juga akan merilis dua iPad Air baru.

Menariknya, lini iPad Pro baru ini disebut-sebut akan tampil dengan bodi lebih tipis dan ringan ketimbang dari iPad Air nanti.

Sayangnya, Mark belum mengungkap lebih lanjut tentang spesifikasi iPad Pro dan iPad Air baru tersebut.

Walau begitu, rumor mengenai iPad Pro 2024 bocor di internet, tablet Apple tersebut dikabarkan akan menggunakan layar OLED dan Apple Pencil Generasi Baru.

Jajaran iPad Pro 2024 dirumorkan akan mengusung panel OLED, sedangkan iPad Air 2024 dirumorkan akan memiliki bentang layar yang lebih besar.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Bocoran iPad Pro dan iPad Air

Seri iPad Pro baru resmi diluncurkan. (Doc: Apple)

Meskipun beberapa rumor tersebut tampak menjanjikan, lini iPad berikutnya kemungkinan besar hanyalah pembaruan dari model premium iPad. 

Terdapat rumor lain yang mengabarkan bahwa Apple akan merilis iPad entry-level dan iPad Mini di tahun ini.

Dikutip CNET, Kamis (7/3/2024), iPad akan memberikan beberapa fitur macOS ke dalam software iPadOS. Untuk mendukung fitur macOS, iPad kemungkinan akan menggunakan SoC yang sama dengan MacBook.

Berikut rumor-rumor terbaru mengenai iPad Pro yang dihimpun oleh tim Tekno Liputan6.com.

iPad Pro akan usung Apple M3 dan Panel OLED

Beberapa rumor tersebar mengatakan, iPad Pro 2024 akan gunakan SoC Apple M3 sebagai dapur pacu.

Apple M3 dikabarkan akan tawarkan peningkatan performa dari chip M2, meskipun lompatan tersebut tidak terlalu signifikan.

Kendati demikian, Apple M3 membawa peningkatan yang cukup pesat dari segi grafis dan performa AI.

Di segi layar, iPad Pro 2024 dikabarkan mengusung panel OLED untuk masing-masing ukuran.

Menurut bocoran, iPad Pro akan gunakan panel OLED untuk model 11 inch dan 19.9 inch. Penggunaan layar OLED di iPad Pro janjikan reproduksi warna lebih cerah dengan dynamic range lebih luas.

3 dari 4 halaman

Usung Kamera Berorientasi Lanscape

iPad dan iPad mini baru diumumkan. (Doc: Apple)

Selain mengusung chipset dan layar baru, iPad Pro 2024 dikabarkan akan menaruh sensor kamera depan yang mendukung orientasi lanscape.

Posisi lanscape pada kamera depan menjadi fitur yang ditunggu oleh pengguna iPad.

Posisi kamera lanscape yang lebih alami dinanti dikarenakan posisi tersebut membuat pengguna tidak akan terlihat off-target saat melakukan panggilan video maupun rapat daring.

Apple Pencil dan Magic Keyboard Juga Akan Hadir

Apple dirumorkan juga akan menghadirkan Apple Pencil dan Magic Keyboard generasi baru yang diluncurkan bersamaan dengan iPad Pro 2024.

Belum banyak informasi mengenai kedua aksesoris tersebut, namun pembaruan tersebut akan berdampak pada kenaikan harga lini iPad Pro 2024. 

4 dari 4 halaman

iPad Air dan iPad Mini Generasi Baru Segera Rilis

Apple merilis iPad mini yang memiliki layar seluas 8,3 inci (Foto: Apple Event sceenshot).

iPad Air 2024 dirumorkan akan rilis berbarengan dengan iPad Pro. iPad Air akan usung chipset Apple M2 dan penempatan kamera di sisi samping untuk mendukung orientasi landscape.

Meskipun iPad Air akan membawa perubahan di segi performa dan penempatan kamera depan, namun desain tablet tersebut dirumorkan tidak akan berubah dari generasi sebelumnya.

Apple diperkirakan akan mengumumkan iPad Pro dan iPad Air baru pada waktu yang sama pada musim semi ini, kemungkinan besar pada bulan Maret.

Rumor terkait iPad dan iPad Mini makin Mencuat

iPad versi reguler dan iPad Mini dirumorkan rilis di pada musim gugur tahun ini. Di tahun lalu, Apple membanderol iPad 10 dengan harga yang lebih mahal.

Kendati demikian, iPad 10 membawa perubahan desain yang signifikan. iPad 10 mengusung desain yang mirip dengan iPad Air dan iPad Pro.

Selain itu, iPad 10 dilengkapi port USB Type-C dan orientasi kamera landscape.

iPad Mini juga mendapat pembaruan yang serupa dengan iPad 10, namun dengan orientasi kamera potrait.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.