Sukses

AI Hidupkan Kembali Marilyn Monroe, Pesona dan Gaya Bicaranya Terlihat Mirip!

Soul Machines meluncurkan 'Digital Marilyn', sebuah chatbot AI yang dirancang agar terlihat dan berbicara seperti Marilyn Monroe asli.

Liputan6.com, Jakarta - Dalam beberapa tahun terakhir, ada banyak diskusi mengenai praktik memanfaatkan kemiripan digital selebritas tanpa persetujuan kepada yang bersangkutan, baik setelah mereka sudah meninggal atau mereka yang masih hidup.

Zelda Williams yang dikenal sebagai sutradara Lisa Frankenstein dan putri Robin Williams, mengecam tren mengganggu dari orang-orang yang mencoba menciptakan kembali suara dan wajah orang yang sudah meninggal dunia.

Namun meskipun ada masalah etika yang benar-benar nyata, sejumlah perusahaan teknologi tetap melakukan hal tersebut.

Terbaru, Soul Machines meluncurkan 'Digital Marilyn', sebuah chatbot AI yang dirancang agar terlihat dan berbicara seperti Marilyn Monroe asli.

Perusahaan yang berspesialisasi dalam apa yang disebut sebagai Digital People yang didukung AI Biologis, memulai debut bot Marilyn di acara South by Southwest (SXSW) pada Jumat (8/3/2024), dalam kemitraan dengan Authentic Brands Group (ABG).

ABG memiliki hak atas kemiripan Marilyn Monroe dan banyak selebritas lainnya, baik yang sudah meninggal maupun yang masih hidup, termasuk Elvis Presley dan Shaq.

"Digital Marilyn didukung oleh GPT 3.5, di mana chatbot AI ini sangat nyata dan mampu merespons dengan emosi dan ekspresi yang berbeda-beda. Dia dapat melakukan percakapan sekitar 20 menit," kata Soul Machines dalam siaran persnya, dikutip dari Engadget, Selasa (12/3/2024).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 6 halaman

Manusia Digital Otonom

“Lebih dari sekadar peniruan identitas yang mengesankan, Digital Marilyn adalah manusia digital otonom yang mampu terlibat dalam percakapan alami dan dinamis, terasa autentik dan responsif,” tulis Soul Machines dalam postingan blog.

"Seolah-olah semangat Marilyn sendiri telah diterjemahkan ke dalam era AI, menawarkan hubungan yang unik dan sangat personal baik bagi penggemar setia maupun pendatang baru yang penasaran,” sambung perusahaan.

Soul Machines mengklaim selebritas digitalnya hadir sebagai cara bagi orang-orang terkenal untuk terlibat 1-on-1 dengan penggemar mereka, tanpa batas dan bisa berkomunikasi selama 24 jam.

Soul Machines memperkenalkan AI Marilyn Monroe ke publik melalui postingan Instagram untuk menyambut Hari Perempuan Internasional.

3 dari 6 halaman

erapkan Marilyn Monroe Effect Bisa Meningkatkan Kepercayaan Diri Kamu

Pernahkah kamu berpikir bagaimana cara seseorang yang memasuki sebuah ruangan dan menjadi pusat perhatian? Seolah-olah kehadirannya begitu magnetis sehingga mampu memikat seluruh orang di ruangan itu.

Hal tersebut bukan hanya perihal penampilan atau status sosialnya, melainkan juga disebabkan oleh sesuatu yang lebih dalam, yaitu Marilyn Monroe effect.

Nama efek tersebut diambil dari sosok Marilyn Monroe yang selalu memancarkan karisma dan percaya diri di mana pun ia berada sehingga banyak orang lain yang mudah tepikat dengannya.

Siapa sih yang tidak mengenal Marilyn Monroe? Seorang aktris hollywood yang sampai kini masih dikenal sebagai ikon di dunia model dan kecantikan. Popularitas yang dimilikinya sebagai seorang penyanyi, aktor, dan model menjadikan ia sebagai standar kecantikan pada tahun 1950-1960-an. Ia menjadi wanita yang paling banyak diidolakan karena ia memiliki kepercayaan diri yang tinggi.

Marilyn Monroe Effect sedang menjadi topik perbincangan dikalangan banyak orang, terutama wanita yang ingin meningkatkan kepercayaan diri mereka. Bahkan, beberapa unggahan video di TikTok membahas perihal dampak yang diperoleh setelah menerapkan Marilyn Monroe effect ini dalam kehidupan sehari-hari.

Lantas, bagaimana sebenarnya cara kerja dan pengaruh setelah menerapkan Marilyn Monroe effect ini bagi kehidupan? Seperti yang dilansir dari Eye Mind Spirit pada Senin (4/9/2023).

4 dari 6 halaman

Apa itu Marilyn Monroe Effect?

Marilyn Monroe effect merupakan cara menemukan nilai yang melekat pada diri seseorang yang berkonsentrasi pada hal positif sehingga memiliki kepercayaan diri yang kuat. Efek ini didasarkan pada pemikiran bahwa mengubah bahasa tubuh dan menunjukkan kepercayaan diri dapat berdampak besar pada cara orang lain memandang kita.

Efek ini mengacu pada sebuah konsep yang mengatakan bahwa sebuah penampilan yang menarik dan percaya diri akan meningkatkan keberhasilan dalam kehidupan. Selain itu, melalui efek ini seseorang akan berfokus pada nilai positif dalam dirinya sehingga hal tersebut dapat mengubah penampilannya di mata orang lain, layaknya hukum tarik-menarik.

Untuk menerapkan Marilyn Monroe effect ini, kamu harus memahami dua pilar yang menjadi landasan efek ini, yaitu hukum tarik-menarik dan hukum asumsi. Hukum tarik-menarik, menyiratkan bahwa pikiran dan perasaan seseorang akan menentukan apa yang akan ia tarik ke dirinya.

Hal ini mencerminkan sikap optimis dari Marilyn Monroe tersebut. Selanjutnya, hukum asumsi, bependapat bahwa apa yang seseorang asumsikan dan yakini dengan sepenuh hati akan berubah menjadi kenyataan. Marilyn Monroe tidak hanya memimpikan ketenaran, tetapi ia juga berasumsi bahwa itu adalah masa depannya.

5 dari 6 halaman

Bagaimana Menerapkan Marilyn Monroe Effect?

1. Atur Pola Pikir yang Benar

Marilyn Monroe memulai sesuatu dengan pola pikir yang siap untuk sukses. Kamu harus berasumsi bahwa kamu menarik dan semua orang akan mengetahuinya.

Kamu dapat melakukannya dengan mulai dengan mencoba menahan diri saat kamu memikirkan hal-hal negatif tentang dirimu. Tukarlah pikiran negatif itu dengan penegasan atau afirmasi positif. Lihatlah ke cermin dan sampaikan kalimat penyemangat untuk dirimu.

2. Mengucapkan Hal-Hal Positif

Hukum tarik-menarik menyatakan bahwa pikiran kamu akan menciptakan realitas kamu. Ucapkan hal-hal positif, bersyukur atas hal-hal baik dalam hidupkamu, dan bicarakan pengalaman positif agar kamu dapat mempercayai semuanya.

Dengan begitu, saat kamu sedang depresi, tidak aman, atau cemas, pikiran bawah sadar kamu akan terus mengonfirmasi perasaan dan pikiran tersebut. Ketika kamu memperkenalkan hal baru, seperti bersikap positif baik di dalam pikiranmu maupun saat kamu berbicara dengan orang lain, kamu akan memberi informasi baru ke pikiran bawah sadar.

3. Membangun Kepercayaan Diri

Keyakinan adalah inti dari daya tarik Monroe. Ini bukan sesuatu yang dibangun dalam semalam, tapi bisa dikembangkan. Mulailah dengan mengutarakan pendapatmu dalam kelompok kecil atau memulai percakapan dengan orang baru. Saat kemenangan kecil ini bertambah, kamu akan melihat peningkatan kepercayaan dirimu secara keseluruhan.

4. Tunjukkan Sifat Unik Anda

Marilyn Monroe effect bukanlah tentang meniru orang lain. Ini tentang mengenali dan menampilkan hal unik dari dirimu. Bisa jadi selera humor kamu, kemampuan bercerita, atau kebaikan kamu. Hanya ada satu Marilyn Monroe, dan hanya ada satu kamu. Biarkan karaktermu itu bersinar!

6 dari 6 halaman

Infografis Geger 5 Artis Terseret Kasus Investasi Bodong Robot Trading Net89 (Liputan6.com/Triyasni)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.