Sukses

iPhone 16 Bakal Punya Action Button, Gantikan Mute Button

iPhone 16 dikabarkan akan rilis dengan sejumlah pembaruan, seperti kehadiran Action Button yang sebelumnya hanya tersedia di lini Pro.

Liputan6.com, Jakarta - Bocoran mengenai iPhone 16 di tahun ini makin menguat, meskipun iPhone 15 masih tergolong baru. Sejumlah bocoran soal iPhone 16 pun telah banyak beredar. 

Salah satunya adalah iPhone 16 masih akan mempertahankan sejumlah hal penting yang ada di pendahulunya. 

Untuk diketahui, iPhone 15 menjadi primadona tahun lalu karena perangkat itu menghadirkan fitur-fitur baru, seperti port USB-C, bodi titanium, Action Button, kamera periskop untuk seri Pro dan Dynamic Island untuk versi non-Pro.

Oleh sebab itu, kemungkinan iPhone 16 seri reguler akan menghadirkan fitur yang sebelumnya hadir di versi Pro tahun lalu. Seperti contohm, Dynamic Island yang sebelumnya ada di iPhone 14 Pro dihadirkan di iPhone 15 versi non-Pro.

Selain itu, mengutip Android Authority, Selasa (12/3/2024), Apple kemungkinan akan menghadirkan fitur Action Button di varian iPhone 16 reguler.

Tombol tersebut akan menggantikan Mute Button yang sebelumnya ada di varian iPhone reguler. 

Sementara itu, beberapa rumor terbaru juga menyebut Apple akan menambah tombol baru untuk lini iPhone terbaru.

Tombol tersebut dirumorkan sebagai Capture Button, yang akan ditambahkan di sisi kanan smartphone. Leaker Mark Gurman mengatakan, tombol tersebut bisa digunakan untuk merekam video.

Menurut rumor yang beredar, tombol tersebut akan menjadi tombol fisik yang dapat merespon tekanan dan sentuhan.

Rumor tersebut juga mengataka, jika menekan Capture Button secara ringan bisa dipakai untuk mengatur fokus, sedangkan jika menekan lebih kuat iPhone akan menangkap gambar atau merekam video.

Tombol baru iPhone tersebut juga bisa digunakan untuk zoom in dan zoom out apabila di swipe ke kiri atau ke kanan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Bocoran Desain iPhone 16

Laporan MacRumors yang dikutip Android Authority menampilkan render prototipe awal dari iPhone 16. iPhone 16 akan menggunakan desain kamera yang mirip dengan iPhone X.

Render tersebut juga menampilkan volume rocker terpadu yang dapat memberikan haptic feedback berupa getaran.

Pada bocoran render tersebut semua lini iPhone 16 reguler akan memiliki Action Button, yang menandakan bahwa tombol Mute akan ditiadakan.

Untuk warna, iPhone 16 dikabarkan akan hadir dengan tiga warna, yakni Yellow, Pink, dan Midnight Black.

Sementara untuk varian Pro, leaker dengan nama Majin Bu mengklaim warna yang akan hadir di iPhone 16 Pro adalah Desert Titanium dan Titanium Grey.

iPhone 16 dikabarkan akan memiliki ukuran yang lebih besar dari sebelumnya. Laporan dari analis layar Ross Young yang dikutip Android Authority menyatakan Apple berencana untuk menaikkan ukuran dari iPhone 16 Pro.

Ukuran dari layar iPhone terbaru itu dikabarkan memiliki bentang 6,2 inci dan 6,8 inci untuk iPhone 16 Pro dan 16 Pro Max.

Sementara itu, untuk layar iPhone 16 non-Pro akan masih menggunakan ukuran layar yang sama dengan versi tahun lalu.

Analis layar Ross Young juga mengatakan bahwa Apple akan memberikan fitur high refresh rate di iPhone seri reguler pada 2025., yang berarti untuk iPhone yang akan hadir tahun ini masih akan menggunakan refresh rate 60Hz.

3 dari 4 halaman

Spesifikasi Kamera iPhone 16 Series

Ada sejumlah rumor yang beredar tentang spesifikasi kamera iPhone 16. Tahun lalu Apple memperkenalkan lensa zoom tetraprisma di iPhone 15 Pro.

Lensa tersebut diharapkan akan memiliki hasil foto yang serupa dengan lensa kamera full-frame 120mm.

Menurut analis Apple dan informan terpercaya Ming-Chi Kuo, lensa tersebut tidak akan terbatas pada model iPhone teratas tahun depan, dan iPhone 16 Pro dan iPhone 16 Pro Max akan menampilkan kamera telefoto tetraprisma.

Leaker di Weibo, Digital Chat Station juga mengklaim bahwa iPhone 16 Pro akan gunakan kamera zoom 5x, bukan hanya model Pro Max. Mereka juga mengklaim iPhone 16 Pro akan mengemas sensor kamera utama 48MP.

DCS menambahkan, iPhone 16 Pro Max dapat hadir dengan “periscope ultra-telephoto”, yang memungkinkan iPhone terbaru nanti akan memiliki panjang fokus yang sangat tinggi, mengalahkan Galaxy S23 Ultra.

Ming-Chi Kuo juga menegaskan hal ini dengan lebih detail, mencatat bahwa iPhone 16 Pro dan Pro Max dapat beralih ke sensor 48MP 1/2,6 inci dengan ukuran piksel 0,7µm dan unit lensa 6P untuk kamera ultrawide belakangnya.

Kamera tersebut akan menghasilkan foto dengan resolusi 12MP dengan pixel binning.

Jika benar, hal ini akan menjadi peningkatan resolusi yang besar dibandingkan dengan sensor ultrawide 12MP yang saat ini digunakan pada iPhone yang memiliki ukuran piksel 1µm.

4 dari 4 halaman

Spesifikasi Lain iPhone 16 Series

Untuk chipset yang dipakai, iPhone 16 dan 16 Plus akan gunakan chip A17 Pro yang sekarang digunakan Apple di ponsel iPhone 15 Pro, sedangkan jajaran iPhone 16 Pro akan menggunakan chip seri A18 baru dari Apple.

Kendati demikian, analis Jeff Pu, melalui Macrumors telah membantah teori ini. Ia mengklaim keempat ponsel baru seri iPhone 16 akan dibekali chip seri A18.

Ia juga memprediksi chip tersebut diproduksi oleh TSMC pada proses 3nm generasi kedua, bukan proses 3nm generasi pertama yang digunakan pada chip A17 Pro.

Kemungkinan masih ada perbedaan pada prosesor yang didapat model iPhone 16 non-Pro dan seri Pro.

iPhone 16 dan 16 Plus akan mengusung chip A18 reguler, sedangkan iPhone 16 Pro dan 16 Pro Max akan dilengkapi dengan chip A18 Pro.

Untuk penyimpanan, iPhone 16 series masih menggunakan tipe dan ukuran penyimpanan yang serupa dengan versi sebelumnya, tapi terdapat perbedaan untuk ukuran RAM.

Analis Jeff Pu, melalui Macrumors menyatakan bahwa iPhone 16 akhirnya akan mendapatkan RAM 8GB, dibandingkan dengan RAM iPhone 15 6GB.

Model iPhone 15 Pro sudah memiliki RAM 8 GB, sehingga tetap menggunakan RAM yang sama untuk model iPhone 16 Pro.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini