Sukses

4 HP Samsung Ini Tak Lagi Dapat Update OS, Apa Saja?

Samsung dikabarkan akan menghentikan dukungan untuk empat model smartphone lawas seri Galaxy.

Liputan6.com, Jakarta - Samsung dikabarkan akan menghentikan dukungan dari empat model lama dari smartphone Samsung Galaxy.

Keempat HP Samsung yang tidak akan lagi dukungn update software tersebut adalah Galaxy Note 10 Lite, Galaxy S10 Lite, Galaxy A02, and Galaxy A71.

Dari keempat smartphone tersebut, seluruhnya merupakan model lama dari segmen mid-range hingga low-end.

Dikutip dari GizChina, Kamis (7/3/2024), informasi soal rencana ini diketahui dari daftar pembaruan keamanan bulan Maret.

Keempat smartphone itu diketahui telah melewati masa penerimaan update OS. Jadi, deretan smartphone tersebut hanya menerima pembaruan keamanan dari Samsung.

Kendati demikian, setelah update keamanan Maret rilis, seluruh smartphone tersebut tidak lagi mendapat update keamanan.

Meski sudah disetop, pengguna sebenarnya masih bisa memakai smartphone tersebut. Terlebih, jika pengguna hanya memakainya untuk tugas sederhana. 

Kendati demikian, perlu diingat, apabila pengguna memilih untuk tetap memakai perangkat tersebut, mereka akan rentan terhadap beberapa risiko keamanan. 

Berikut adalah contoh risiko jika tetap menggunakan smartphone yang tidak lagi mendapat update OS:

  • Serangan Malware 

Smartphone yang tidak mendapatkan update lagi rentan diserang oleh hacker yang tidak bertanggung jawab.

Hacker dapat memanfaatkan kerentanan untuk mencuri data, memasang malware, atau mengambil alih perangkat kamu.

  • Kompatibilitas Aplikasi Terbatas

Jika kamu tidak melakukan update OS di HP Samsung, beberapa aplikasi mungkin tidak dapat digunakan.

Hal itu disebabkan pengembang aplikasi terus mengembangkan dan memperbaharui aplikasi mereka.

Selain itu, pembaruan aplikasi juga memerlukan sistem operasi terkini. Karenanya, software yang tidak diperbarui membuat aplikasi tersebut tidak bisa dijalankan. 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

Fitur dan Fungsionalitas Terbatas

 

 

Selain itu, apabila smartphone-mu tidak menerima update, besar kemungkinan perangkatmu tidak akan mendapat fitur baru melalui update software.

Update software sendiri merupakan keharusan agar perangkat yang digunakan tetap up-to-date, serta memiliki fitur-fitur baru.

Opsi lain yang bisa dilakukan adalah memakai Custom ROM, tapi cara ini tidak disarankan karena berpotensi memiliki celah keamanan.

3 dari 5 halaman

Samsung Galaxy A25 5G, Smartphone Terjangkau dengan Stereo Speaker

Di sisi lain, jika kamu ingin upgrade ponsel Samsung kamu, Galaxy A25 5G patut dilirik.

Rilis pada Januari 2024, Samsung Galaxy A25 5G hadir sebagai suksesor dari Galaxy A24.

Dikutip Android Police, Galaxy A25 5G memiliki desain baru yang lebih datar dengan build quality solid. Desain tersebut terinspirasi dari desain flagship Samsung tahun lalu, Galaxy S24.

Selain memiliki bodi yang kokoh, Samsung Galaxy A25 5G memiliki bobot yang relatif ringan. Penggunaan bodi berbahan plastik menjadikan smartphone ini nyaman untuk dan ringan ketiga digenggam.

Dari segi layar, Galaxy A25 5G memiliki bentang layar seluas 6.5 inci dengan teknologi Super AMOLED beresolusi full HD+ dan refresh rate mencapai 120Hz.

Layar dari smartphone ini juga memiliki tingkat kecerahan mencapai 1000 nits, sehingga dapat menampilkan konten dengan baik meskipun berada di bawah terik matahari sekali pun.

4 dari 5 halaman

Spesifikasi Galaxy A25 5G

Galaxy A25 5G ditenagai dengan prosesor octa-core Exynos 1280, ditemani  RAM 6GB dan memori 128GB. Kombinasi tersebut memberikan performa mumpuni di kelas harga 3 jutaan.

Untuk biometrik, Galaxy A25 5G dilengkapi sensor sidik jari yang tertanam di dalam layar. Smartphone ini juga mendukung fitur face unlock dengan kamera depan.

Soal konektivitas, Galaxy A25 5G mendukung jaringan 5G dual SIM, Wi-Fi 6, NFC, dan Bluetooth 5.3. 

Peningkatan Galaxy A25 5G dari pendahulunya adalah smartphone ini mendukung sistem dual stereo. 

Hadirnya dual stereo di Galaxy A25 5G memberikan pengalaman audio yang lebih kaya dan seimbang. Terdapat pula 3.5 headphone jack untuk menyambungkan smartphone dengan earphone berkabel.

5 dari 5 halaman

Infografis Gaya Hidup

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.