Sukses

Cara Temukan dan Hapus File Backup WhatsApp di Google Drive

WhatsApp menyimpan cadangan di Google Drive. Jika kamu ingin melihat atau menghapus file backup WhatsApp di Google Drive, simak artikel berikut.

Liputan6.com, Jakarta WhatsApp memiliki fitur backup yang melindungi data kamu dari kehilangan obrolan, media, dan data lainnya.

Fitur backup di WhatsApp dapat disinkronkan melalui akun Google. Ketika kamu menghubungkannya dengan aplikasi, data kamu disinkronkan ke cloud berdasarkan waktu pencadangan.

Kamu bisa memulihkan apa yang hilang jika kamu tidak sengaja menghapus riwayat obrolan, mencopot pemasangan aplikasi, atau menyiapkan perangkat baru. Pencadangan lokal juga merupakan opsi jika kamu tidak menyimpan file backup di Drive.

Kamu dapat memeriksa lokasi pencadangan di Google Drive atau tablet Android dan penyimpanan perangkat. Kamu juga akan melihat kapan pencadangan terakhir dilakukan.

Dimana WhatsApp Menyimpan Data Backup?

Dikutip dari Android Police, Rabu (5/3/2024), WhatsApp menyimpan cadangan di Google Drive jika diizinkan. Bergantung pada frekuensi pencadangan yang dipilih, WhatsApp mengunggah data ke cloud setiap hari, mingguan, bulanan, atau hanya saat kamu mengetuk tombol Cadangkan.

Setiap cadangan ke akun Google yang sama akan menimpa pencadangan yang sebelumnya, jadi tidak ada cara untuk menyimpan beberapa versi atau memulihkan pencadangan sebelumnya.

Salah satu cara untuk melewatinya adalah dengan menambahkan akun Google lain ke WhatsApp dan beralih di antara akun tersebut.

Namun, jika kamu tidak melakukan pencadangan secara rutin, Google akan menghapus data kamu dari Drive setelah lima bulan.

Sejak Desember 2023, cadangan WhatsApp dapat mengurangi penyimpanan Google Drive kamu, yang berarti tidak ada lagi ruang kosong di Google Drive-mu.

Kamu akan melihat pesan di aplikasi mengenai perubahan tersebut. Caranya, buka Pengaturan > Obrolan > Cadangan obrolan.

Kamu hanya akan menemukan opsi untuk menghapusnya atau mematikan cadangan sepenuhnya, yang berguna saat kamu tidak lagi membutuhkannya atau saat cadangan rusak. Di aplikasi seluler, data kamu terletak di menu cadangan Obrolan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

File Backup WhatsApp Bisa Dilihat namun Tidak Bisa Diakses

Jika kamu mengakses Google Drive dari browser PC, cadangan WhatsApp terletak di menu Penyimpanan. Namun file tersebut tidak dapat dibaca, jadi kamu tidak dapat melihat konten atau memilih apa file yang ingin diambil.

WhatsApp juga membuat cadangan lokal setiap hari di ponsel atau kartu SD. Jika kamu tidak dapat memulihkan cadangan Drive atau tak memilikinya, perangkat kamu akan memindai data pencadangan di penyimpanan lokal.

Meskipun banyak perangkat lunak pihak ketiga yang mengklaim dapat mendekripsi cadangan WhatsApp, aplikasi tersebut tidak direkomendasikan.

Beberapa aplikasi bahkan berisi malware yang merusak atau mencuri informasi dari perangkat kamu.

Guna melindungi data kamu, aktifkan enkripsi end-to-end. Kamu akan memasukkan kata sandi atau kunci enkripsi 64 digit saat memulihkannya.

Untuk melihat file backup di Google Drive, gunakan browser PC untuk mengakses data Google Drive dengan tampilan yang lebih luas.

Kamu juga dapat menggunakan aplikasi seluler atau browser jika komputer tidak tersedia.

Catatan: Menginstal ulang atau menghapus data penyimpanan WhatsApp di perangkat adalah satu-satunya cara untuk memulihkan cadangan. Dengan cara ini, aplikasi akan diatur ulang ke keadaan defaultnya. Kamu dapat mengambil cadangan setelah memverifikasi nomor telepon kamu.

3 dari 5 halaman

Temukan File Backup WhatsApp di Google Drive menggunakan Browser PC

  • Buka browser web dan kunjungi drive.google.com.
  • Klik Penyimpanan di sidebar kiri.
  • Pilih Cadangan. kamu akan melihat cadangan WhatsApp kamu dan terakhir kali kamu memperbaruinya.
  • Klik dua kali cadangan untuk melihat opsi yang tersedia
  • Untuk menghapusnya secara permanen, klik Hapus Cadangan.
  • Klik Hapus untuk melanjutkan.
  • Sebagai alternatif, pilih Matikan untuk menonaktifkan cadangan WhatsApp sepenuhnya.
  • Klik Matikan untuk melanjutkan.
  • Untuk memutuskan sambungan WhatsApp dari Google Drive, klik ikon pengaturan di sudut kanan atas. Kemudian pilih Pengaturan.
  • Pilih Kelola aplikasi. Kemudian gulir ke bawah ke WhatsApp Messenger.
  • Klik Opsi, lalu Putuskan sambungan dari Drive.
4 dari 5 halaman

Menemukan File Backup WhatsApp di Aplikasi Google Drive

  • Buka aplikasi Google Drive
  • Dari tab Beranda, ketuk ikon menu di sudut kiri atas.
  • Pilih backup, kamu akan melihat file backup WhatsApp dan waktu terakhir kali pencadangan tersebut.
  • Ketuk ikon tiga titik di samping cadangan untuk melihat opsi yang tersedia.
  • Untuk menghapusnya secara permanen, pilih Hapus cadangan. Lalu ketuk Hapus untuk konfirmasi.
  • Untuk menghentikan pencadangan di masa mendatang, pilih Matikan pencadangan. Lalu ketuk Matikan untuk konfirmasi.

WhatsApp menunjukkan pentingnya pencadangan rutin. Meskipun sebagian besar pencadangan tersebut otomatis, sesekali periksa apakah file kamu dibackup secara benar.

Meskipun begitu, bukan hanya aplikasinya yang harus dibackup. Pertimbangkan untuk mencadangkan log panggilan, kontak, pesan teks, dan data lainnya di ponsel Android untuk keamanan jangka panjang.

5 dari 5 halaman

Infografis Waspada WhatsApp Rentan Dibobol Hacker

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.