Sukses

Bocoran Samsung Galaxy Z Flip6: Kapasitas Baterai Lebih Besar dan Kamera 50MP

Bocoran terbaru Samsung Galaxy Z Flip6 menunjukkan peningkatan baterai dan kamera ketimbang dari generasi sebelumnya.

Liputan6.com, Jakarta - Setelah bocoran Galaxy Z Fold6 meluncur di internet, kini giliran bentuk Galaxy Z Flip6 diungkap lewat gambar render.

Berdasarkan render, Galaxy Z Flip6 tidak mengalami perubahan besar-besaran seperti saat Samsung umumkan hadirkan layar cover lebih besar dan engsel lebih baik di Z Flip5.

Kini di HP Android layar lipat generasi baru tersebut, Samsung lebih "memoles" desain ponsel teranyarnya tersebut ketimbang perubahan besar.

Hal pertama yang berbeda adalah ketebalan ponsel. Mengutip GSM Arena, Jumat (1/3/2024), Galaxy Z Flip 6 memiliki ukuran 165.0 x 71.7 x 7.4mm saat dilipat.

Dibandingkan dengan Flip5 yang hanya berukuran 165.1 x 71.9 x 6.9mm, diduga HP layar lipat ini lebih tebal karena peningkatan di kapasitas baterai.

Dari laporan sebelumnya, Samsung menyematkan baterai berkapasitas 4,000mAh (lebih besar dari 3,700mAh di generasi sebelumnya).

Lainnya berpendapat, ketebalan HP Galaxy Z Flip6 ini terkait dengan cara perusahaan mengurasi lekukan di layar ponsel dan memberikan ruang lebih untuk engsel flex baru bernama Ironflex.

Lalu bagaimana dengan layar dalam ponsel ini? Hingga saat ini, bocoran informasi menyebutkan HP Samsung ini masih menggunakan ukuran layar 6,7 inci yang sama.

Sedangkan untuk layar cover-nya, perusahaan asal Korea itu masih menggunakan layar 3,4 inci dipadukan dengan dua kamera.

Kamera utama HP Android ini diprediksi akan menggunakan sensor 50MP--peningkatan dari 12MP di generasi sebelumnya.

Sayang, belum diketahui apakah Samsung akan merubah modul kedua kameranya tersebut ke ultrawide atau langsung pakai telefoto.

Soal pilihan warna, ada kemungkinan Samsung Galaxy Z Flip6 menyediakan beberapa opsi, di mana Lavender dan Mint akan masuk ke dalam daftar pilihan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Galaxy Z Fold 6, Galaxy Z Flip 6, dan Galaxy Ring Bakal Debut di Paris

<p>Bocoran Desain Samsung Galaxy Z Fold 6 Terungkap, Minim Perubahan Bentuk. (Doc: OnLeaks | Smartprix)</p>

Rumor tentang Galaxy Z Fold 6, Galaxy Z Flip 6, dan Galaxy Ring semakin ramai dibicarakan oleh banyak pihak di internet.

Terkini, ajang kedua Galaxy Unpacked disebut-sebut akan digelar pada awal Juli 2024. Laporan ini datang dari Sammobile.

Mengutip laporan SamMobile via GSM Arena, Jumat (1/4/2024), Galaxy Unpacked 2024 ini diyakini bakal digelar pada 10 Juli.

Hal ini berkaca dari peluncuran dua generasi Galaxy Z Fold dan Z Flip sebelumnya, di mana Samsung merilis generasi ke-4 pada akhir Agustus, dan ke-5 di awal Agustus.

Selain itu, pemilihan awal bulan Juli karena untuk menghindari digelarnya ajang olahraga Olimpiade pada 26 Juli 2024.

Berhubung Samsung jadi sponsor utama ajang olahraga tersebut, bukan tidak mungkin perusahaan ingin memanfaatkan momen untuk "memajang" ponsel layar lipat barunya di depan publik.

 

3 dari 4 halaman

Bocoran Spesifikasi Galaxy Z Fold6 dan Galaxy Z Flip6

<p>Galaxy Z Fold 6, Galaxy Z Flip 6, dan Galaxy Ring Bakal Debut di Paris pada Juli 2024. (Doc: OnLeaks | Smartprix)</p>

Selain tanggal, sumber lain mengatakan gelaran Galaxy Unpacked kedua tahun ini akan digelar di Paris, Prancis.

Samsung akan mengumumkan Galaxy Z Fold6 dan Galaxy Z Flip6 dengan desain disempurnakan. Duo ponsel layar lipat ini kemungkinan akan mengemas chipset Snapdragon 8 Gen 3.

Rumor lain mengatakan, perusahaan asal Korea tersebut juga sedang mempersiapkan model Galaxy Z Fold6 Ultra terpisah.

Disebutkan, model ini akan mengadopsi dan menggunakan teknologi kamera 200MP yang terpasang di Galaxy S24 Ultra.

Terakhir adalah Galaxy Ring, pertama kali ditampilkan di Mobile World Congress minggu ini, akan menggantikan seri Galaxy Watch bersama perangkat lipat baru di ajang Galaxy Unpacked ini.

4 dari 4 halaman

Desain Samsung Galaxy Z Fold 6 Bocor

Samsung dikabarkan akan meluncurkan Galaxy Z Fold 6, yang mana desainnya disebut mirip dengan Galaxy S24 Ultra.

Render dari Galaxy Z Fold 6 muncul di internet, dengan bocoran render baru dan menampilkan siluet lebih tajam dan frame tegas.

Render baru yang dibagikan oleh @OnLeaks melalui SmartPrix dari Galaxy Z Fold 6 mendatang, sebagaimana dikutip dari 9To5Google, Kamis (29/2/2024), menunjukkan sedikit perubahan desain, dengan beberapa penyempurnaan kecil di keseluruhan desain.

Hal pertama yang harus diperhatikan adalah desain keseluruhannya. Dalam bocoran render, setiap sudut Galaxy Z Fold 6 memiliki sisi yang jauh lebih tajam dibandingkan model sebelumnya.

Sisi luar Z Fold 6 juga dibuat tegak lurus. Desain ini mengikuti perubahan desain baru yang dilihat pada Galaxy S24 dan S24+, bagian tepinya rata untuk memberikan tampilan ponsel lebih modern.

Galaxy Z Fold 6 juga diperkirakan sedikit lebih lebar, dengan ukuran 153,5 x 132,5 mm. Perbedaan lebarnya adalah 2,6 mm pada sisi lateral--1,3 mm saat dilipat. Galaxy Z Fold 6 terlihat sedikit lebih mungil dengan selisih yang serupa, namun tidak terlalu ekstrem.

Terdapat rumor tentang varian Galaxy Z Fold 6 yang lebih terjangkau, dalam hal ini perangkat tersebut bisa menawarkan perubahan pada aspek rasio layar yang disesuaikan. 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini