Sukses

Menkominfo Pastikan Take Down Banyak Konten Hoaks Seputar Pemilu 2024

Menkominfo Budi Arie Setiadi menyatakan Kementerian Kominfo telah melakukan take down terhadap banyaknya konten hoaks seputar Pemilu 2024.

Liputan6.com, Jakarta - Kementerian Kominfo (Komunikasi dan Informatika) menyatakan telah melakukan take down pada konten hoaks seputar Pemilu 2024. Hal itu diungkapkan oleh Menkominfo (Menteri Komunikasi dan Informatika) Budi Arie Setiadi.

Menurutnya, Kementerian Kominfo telah melakukan banyak banyak take down terhadap beragam konten hoaks mengenai Pemilu 2024. Terlebih, Menkominfo menuturkan, pihaknya memiliki patroli siber yang siaga.

"Sudah kita takedown pokoknya (hoaks). Kita ada patroli siber 24 jam," tuturnya saat ditemui usai mencoblos. Menkominfo memang tidak merinci jumlah hoaks yang telah dihapus, tapi diperkirakan jumlahnya mencapai ratusan.

Menkominfo juga menuturkan, Kementerian Kominfo akan melaporkan jumlah hoaks yang beredar terkait Pemilu 2024 usai event politik ini selesai.

"Sudah banyak sekali yang kita takedown. Nanti laporannya kita publikasikan setelah pemilu," tuturnya menjelaskan.

Sebelumnya, Menkominfo memang mengajak masyarakat untuk mewaspadai potensi penyebaran informasi palsu atau hoaks di ruang digital selama masa tenang Pemilu 2024.

Ia juga mengingatkan, masyarakat bisa menghindari konten-konten berbau ujaran kebencian dan juga mengandung fitnah terkait suasana Pemilu 2024. Hal ini bertujuan untuk menjaga ruang digital maupun di dunia nyata tetap kondusif.

"Penyebaran disinformasi, hoaks, ujaran kebencian, dan fitnah selama penyelenggaraan Pemilu 2024 harus dicegah, sebab dapat merusak proses demokrasi yang berlangsung dan mengganggu persatuan bangsa," tutur Menkominfo melanjutkan. 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Menkominfo Budi Arie Setiadi Nyoblos di TPS 001 Komplek Menteri Widya Chandra Jakarta

Sebelumnya, Menteri Komunikasi dan Informatika/ Menkominfo Budi Arie Setiadi sudah menggunakan hak suaranya dalam Pemilu 2024. Budi Arie memilih di TPS 001 Komplek Widya Chandra, Senayan, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan.

Berdasarkan pantauan Tekno Liputan6.com, Rabu (14/2/2024), Menkominfo berjalan kaki dari kediaman dinasnya sekitar pukul 09.34 menuju TPS. Menkominfo mengenakan kemeja putih dengan celana panjang hitam.

Dalam perjalanan, Menkominfo didampingi oleh istri, Zara Murzandina, serta dua anaknya, yakni Nadila Raisha dan Nanda Diandra. Ketika tiba di TPS, tak butuh waktu lama bagi nama Budi Arie dipanggil dan memberikan hak suaranya di bilik suara.

Setelah memberikan hak suara, Budi langsung memasukkan surat suara ke kotak suara. Sebelum meninggalkan TPS, Menkominfo pun mencelupkan jarinya ke tinta sebagai bukti telah memberikan suara dalam Pemilu 2024.

"Saya memantau dari pagi tadi semuanya, kelihatan masyarakat antusias ke TPS untuk menggunakan hak pilihnya. Semoga pemilu ini sebentar lagi, sore ini, kita akan tahu hasilnya dan semoga Pemilu Damai 2024 bisa kita wujudkan," tutur Menkominfo usai memberikan suaranya.

Tak berselang lama usai Menkominfo memberikan suaranya, Menteri Sekretaris Negara (Mensesneg) Pratikno juga hadir di TPS yang sama. Sebelumnya, Menteri Pertanian Andi Amran Sulaiman juga memberikan suaranya di TPS ini.

3 dari 3 halaman

Google Doodle Pemilu 2024

Sementara itu, Google doodle hari ini, Rabu (12/2/2024), ikut meramaikan Pemilihan Umum (Pemilu) 2024 dengan ilustrasi sederhana.

Adapun laman utama pencarian dihiasi Google doodle ilustrasi kotak suara lengkap dengan bendera merah putih.

Jika diperhatikan, dibelakang kotak suara ini juga tampil tulisan "Google" berwarna putih dengan latar belakang berwarna abu.

Saat Google doodle Pemilu 2024 diklik, pengguna akan diarahkan ke laman informasi terkait dengan Pemilu 2024 di Tanah Air.

Informasi, warga negara Indonesia hari ini akan melakukan pungutan suara Pemilu Serentak 2024. Kali ini, masyarakat akan memilih para anggota legislatif (DPRD kabupaten kota, provinsi, dan DPR RI).

Selain itu, warga juga akan memilih secara langsung siapa Presiden dan Wakil Presiden Indonesia untuk masa jabatan 5 tahun mendatang.

Berdasarkan informasi dari KPU, masyarakat di Tanah Air sudah dapat memberikan suara mereka di Pemilu 2024 mulai jam 07.00 WIB hingga 13.00 WIB nanti.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini