Sukses

Google Doodle Ikut Semarakkan Pemilu 2024 di Indonesia

Google doodle hari ini merayakan Pemilu 2024 di Indonesia dengan ilustrasi kotak suara dan bendera merah putih.

Liputan6.com, Jakarta - Google doodle hari ini, Rabu (12/2/2024), ikut meramaikan Pemilihan Umum (Pemilu) 2024 dengan ilustrasi sederhana.

Adapun laman utama pencarian dihiasi Google doodle ilustrasi kotak suara lengkap dengan bendera merah putih.

Jika diperhatikan, dibelakang kotak suara ini juga tampil tulisan "Google" berwarna putih dengan latar belakang berwarna abu.

Saat Google doodle Pemilu 2024 diklik, pengguna akan diarahkan ke laman informasi terkait dengan Pemilu 2024 di Tanah Air.

Informasi, warga negara Indonesia hari ini akan melakukan pungutan suara Pemilu Serentak 2024. Kali ini, masyarakat akan memilih para anggota legislatif (DPRD kabupaten kota, provinsi, dan DPR RI).

Selain itu, warga juga akan memilih secara langsung siapa Presiden dan Wakil Presiden Indonesia untuk masa jabatan 5 tahun mendatang.

Berdasarkan informasi dari KPU, masyarakat di Tanah Air sudah dapat memberikan suara mereka di Pemilu 2024 mulai jam 07.00 WIB hingga 13.00 WIB nanti.

Menjelang pencoblosan, KPU pun berpesan agar pemilih bisa hadir di tempat pemungutan suara (TPS) masing-masing untuk menunaikan hak pilihnya sesuai lokasi terdaftar.

Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU), Hasyim Asy'ari, mengatakan, "Sebelum menggunakan hak pilih, kami mengharapkan para pemilih itu mengisi daftar hadir untuk memastikan kehadirannya sudah tercatat."

Hasyim mewanti-wanti kepada pemilih agar mengisi daftar hadir, demi menghindari adanya orang tidak bertanggung jawab menggunakan kesempatannya lebih dari satu kali.

Sebelum mencoblos, Hasyim juga mendorong agar pemilih bisa memeriksa ulang surat suara yang diserahkan oleh kelompok panitia pemungutan suara (KPPS). Pemeriksaan itu ditujukan agar memastikan surat suara benar-benar dalam kondisi baik dan belum tercoblos.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Tak Ada Ganjil Genap Jakarta Hari Ini Rabu 14 Februari 2024

Petugas polisi mengarahkan kendaraan berplat nomor ganjil di titik pemeriksaan ganjil-genap Bundaran Senayan, Jakarta, Kamis, (26/8/2021). Mulai 26 sampai 30 Agustus, ganjil genap hanya berlaku di 3 ruas jalan Jakarta yakni, Jalan Sudirman, MH Thamrin, dan HR Rasuna Said (Liputan6.com/Faizal Fanani)

Lebih lanjut, Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta bersama stakeholder terkait masih terus membatasi pergerakan kendaraan roda empat atau lebih dengan skema ganjil genap.

Namun jangan sampai lupa, pada hari ini, Rabu (14/2/2024), peraturan ganjil genap Jakarta tidak berlaku sama sekali. Mengapa begitu?

Sebab, seperti diketahui, tepat hari ini merupakan hari pencoblosan Pemilu 2024. Dan sebelumnya, Presiden Joko Widodo atau Jokowi telah menetapkan hari pemungutan suara Pemilu 2024 pada 14 Februari sebagai Hari Libur Nasional.

Hal ini sebagaimana tertuang dalam keputusan presiden (keppres) Nomor 10 tahun 2024 tentang Hari Pemungutan Suara Pemilihan Umum Tahun 2024 sebagai Hari Libur Nasional. Aturan ini diteken Jokowi pada 6 Februari 2024.

"Menetapkan hari Rabu tanggal 14 Februari 2024 sebagai hari libur nasional dalam rangka Pemilihan Umum Tahun 2024," demikian bunyi diktum kesatu sebagaimana dikutip Liputan6.com dari salinan keppres.

Dengan begitu, maka hari ini, Rabu (14/2/2024) tak ada aturan ganjil genap Jakarta yang berlaku. Semua kendaraan roda empat atau lebih bebas melintas kapan dan di mana saja.

3 dari 4 halaman

Google Doodle Sambut Hari Pertama 2024

Google Doodle New Year's Day 2024 sambut hari pertama di tahun 2024 (Tangkapan layar Google)

Memasuki tahun baru 2024 pada Senin (1/1/2024), Google mengubah sedikit tampilan Doodle yang sudah mejeng di laman pencarian itu sejak 31 Desember 2023.

Dalam tampilan Google Doodle hari ini, bola disko yang sebelumnya berwarna biru dan berputar, kini menampilkan sebagian warna kuning dengan smiley face yang hanya bergoyang sedikit kiri kanan.

Tulisan dan warna yang digunakan masih sama, hanya saja, Google sudah mengganti angka "3" dari tulisan tahun, menjadi "4" yang menandakan sekarang sudah tahun 2024.

Confetti yang sebelumnya terlihat memeriahkan Google Doodle Tahun Baru, juga sudah "jatuh" di atas beberapa huruf. Tema di Doodle terbaru ini seakan menunjukkan bahwa pesta malam tahun baru yang baru saja selesai.

Apabila mengklik Google Doodle New Year's Day 2024 ini, maka pengguna akan menuju ke hasil pencarian mengenai Tahun Baru, termasuk video dan dari berbagai situs berita.

4 dari 4 halaman

Laman Pencarian Google Berubah Tampilan

Google Doodle New Year's Day 2024 ini muncul di sebagian besar negara dengan seperti Australia, Indonesia, Korea Selatan, Jepang, Singapura, Swiss, Spanyol, Kanada, Amerika Serikat, dan lain-lain.

Doodle tahun baru ini sendiri merupakan kelanjutan dari Doodle pada 31 Desember 2023, yang ditampilkan untuk merayakan pergantian tahun.

Saat membuka Google 31 Desember 2023, akan terlihat pencarian Google menghadirkan doodle animasi bertulis Google lengkap dengan confetti, lampu disko di huruf O, dan angka 2023.

"3..2..1.. Happy New Year," begitu kata Google dalam laman keterangan Google Doodle.

Dijelaskan pula, Google Doodle kali ini membawa kilauan dan keceriaan untuk memulai Tahun Baru dengan baik.

"Ketika jarum jam mendekati tengah malam, orang-orang di seluruh dunia sedang merencanakan resolusi Tahun Baru mereka dan berharap untuk sukses, cinta, kebahagiaan, dan segala hal di antaranya," kata Google dalam keterangan Doodle tersebut.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.