Sukses

Elon Musk Ungkap Berhasil Tanam Chip Neuralink di Manusia

Elon Musk mengumumkan telah berhasil melakukan penanaman chip Neuralink di pasien manusia.

Liputan6.com, Jakarta - Elon Musk mengungkap Neuralink telah berhasil melakukan penanaman implan ke otak manusia. Hal itu ia umumkan melalui akun X atau Twitter miliknya.

Mengutip informasi dari Engadget, Rabu (31/1/2024), Elon Musk menuturkan, kalau prosedur penanaman tersebut berhasil. Ia pun menyatakan kalau pasien yang mendapatkan implan tersebut telah pulih dengan baik, sehari setelah dilakukan operasi.

"Manusia pertama yang menerima implan dari @Neuralink kemarin dan saat ini telah pulih dengan baik," cuit bos X tersebut. Lebih lanjut ia menuturkan, hasil awal menunjukkan deteksi lonjakan neuron yang menjanjikan.

Untuk diketahui, Neuralink mulai melakukan operasi ke pasien manusia, setelah mendapat lampu hijau dari FDA atau badan pengawas obat dan makanan Amerika Serikat. Uji klinis untuk pasien manusia dilakukan pertama pada akhir tahun lalu.

Saat uji coba, Neuralink menuturkan, fokus utama mereka adalah memberikan kemampuan pada manusia untuk mengendalikan kursor komputer atau keyboard hanya dengan pikiran mereka. Uji coba itu bertujuan untuk menciptakan BCI (brain-computer interfaces).

Adapun untuk uji coba, Neuralink menargetkan pasien yang penderita quadriplegia yang disebabkan cedera tulang belakang atau amyotrophic lateral sclerosis (ALS).

Penyakit tersebut juga dikenal sebagai Lou Gehrig Disease yaitu penyakit neurogeneratif progresif yang membatasi sel-sel saraf di otak dan sumsum tulang belakang.

Kendati demikian, Elon Musk tidak membagikan detail lebih jauh mengenai prosedur implan otak yang dilakukan untuk pasien manusia tersebut. Namun, keberhasilan ini bisa menjadi batu loncatan perusahaan dalam pengembangan produk mereka.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Perusahaan Implan Otak Elon Musk 'Neuralink' Langgar Aturan AS: Bawa Limbah Berbahaya

Di sisi lain, Neuralink sebelumnya dinyatakan melanggar peraturan Departemen Transportasi AS (Department of Transportation/DOT) mengenai pergerakan bahan berbahaya.

Selama inspeksi fasilitas perusahaan di Texas dan California pada Februari 2023, penyelidik DOT menemukan perusahaan tersebut gagal mendaftarkan dirinya sebagai pengangkut bahan berbahaya. Demikian menurut catatan dari badan federal yang ditinjau oleh Reuters, dikutip Senin (29/1/2024).

Mereka juga menemukan pengemasan limbah berbahaya yang tidak tepat, termasuk cairan Xylene yang mudah terbakar.

Menurut Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit AS, Xylene dapat menyebabkan sakit kepala, pusing, kebingungan, kehilangan koordinasi otot dan bahkan kematian.

DOT mendenda perusahaan implan otak itu sebesar USD 2.480 atau sekitar Rp 39 juta, jumlah yang lebih rendah dari perkiraan awal karena perusahaan setuju untuk memperbaiki masalah tersebut.

Juru bicara Pipeline and Hazardous Materials Safety Administration, lembaga DOT yang menyelidiki Neuralink, mengonfirmasi pelanggaran dan denda tersebut, juga mengatakan bahwa penyelidikan sudah ditutup.

Terkait hal tersebut, Neuralink hingga saat ini belum memberikan tanggapan.

 

3 dari 4 halaman

Nilai Perusahaan Neuralink

Reuters meninjau catatan yang merinci pelanggaran dari Komite Dokter untuk Pengobatan yang Bertanggung Jawab (Physicians Committee of Responsible Medicine/PCRM), sebuah kelompok advokasi yang menentang penggunaan hewan dalam penelitian medis.

PCRM memperoleh dokumen tersebut melalui permintaan catatan terbuka. Catatan tersebut tidak menjelaskan mengapa Neuralink perlu mengangkut bahan berbahaya atau apakah ada kerugian yang diakibatkan oleh pelanggaran tersebut.

Neuralink menerima izin dari Badan Pengawas Obat dan Makanan AS tahun lalu untuk uji coba pertamanya guna menguji implan perusahaan pada manusia, sebuah tonggak penting bagi startup ini.

Reuters melaporkan pada Juni 2023 bahwa nilai perusahaan ini mencapai USD 5 miliar, berdasarkan perdagangan saham swasta.

Neuralink mengumumkan pada September 2023 bahwa uji coba tersebut, membuka tab baru, akan mengevaluasi keamanan implannya karena memungkinkan orang dengan kelumpuhan mengendalikan perangkat eksternal dengan pikiran mereka.

"Selama penelitian, robot yang dikembangkan oleh Neuralink akan melakukan pembedahan untuk memasang benang 'ultra-halus' pada implan yang membantu mengirimkan sinyal ke otak partisipan," kata Neuralink.

4 dari 4 halaman

Percobaan Pada Hewan

Penyelidikan DOT diluncurkan tahun lalu setelah Reuters melaporkan bahwa karyawan Neuralink mengajukan keluhan internal tentang percobaan pada hewan yang dilakukan secara terburu-buru, sehingga menyebabkan penderitaan dan kematian yang tidak perlu.

“Pelanggaran Neuralink sekali lagi mengungkap praktik perusahaan yang ceroboh dan tidak aman,” kata Ryan Merkley, direktur advokasi penelitian PCRM.

PCRM telah menulis surat kepada DOT tahun lalu untuk mengatakan bahwa Neuralink pada tahun 2019 mungkin telah mengirimkan implan otak yang digunakan dalam eksperimen monyet tanpa tindakan pengendalian yang tepat.

"Implan tersebut mungkin telah terkontaminasi dengan stafilokokus yang kebal antibiotik dan virus herpes B," ungkap PCRM.

DOT tidak menemukan bukti Neuralink telah mengirimkan apa pun yang mengandung zat menular, menurut catatan baru yang ditinjau oleh Reuters.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini