Sukses

Samsung Rilis Patch Keamanan ke Deretan Perangkat Galaxy, Tambal Celah Penting

Samsung merilis patch keamanan untuk sejumlah perangkat Galaxy yang berguna menambal celah keamanan penting.

Liputan6.com, Jakarta - Samsung dilaporkan telah merilis pembaruan update keamanan untuk perangkat besutannya. Menurut laporan terbaru, daftar perangkat yang mendapatkan update ini mencakup beragam model, terutama seri Galaxy S.

Mengutip informasi dari Phone Arena, Selasa (16/1/2024), Samsung menggulirkan update ini untuk beberapa model, termasuk Galaxy S23 dengan versi firmware S91xBXXS3BWL3. Sementara Galaxy S22 mendapatkan versi S90xBXXS7DWL3.

Lalu untuk mendapatkan Galaxy S21, Samsung merilis versi G99xBXXS9FWL9. Dilaporkan, rata-rata update itu memiliki ukuran 400MB.

Dari pantauan, update keamanan ini disarankan untuk segera dipasang di perangkat. Sebab, Samsung menyebut update keamanan ini dirilis untuk menambal CVE-2022-40507 yang masuk dalam kategori Critical.

67 patch keamanan ini dirilis juga hadir untuk memperbaiki kerentanan yang masuk dalam daftar prioritas tinggi.

Sementara enam patch ditetapkan sebagai kerentanan dengan prioritas sedang, dan satu telah disertakan dalam update keamanan sebelumnya.

Salah satu patch juga disebut hadir untuk memperbaiki masalah yang melibatkan Notification Service, sehingga memungkinkan penyerang mendapatkan informasi pribadi pengguna. Hal ini disebut menyasar HP Samsung Android 11 hingga Android 14.

Bersama dengan update ini, Samsung juga menghadirkan perbaikan untuk menghilangkan bug yang memungkinkan peretas menyerang perangkat Galaxy memanfaatkan Bluetooth. Lalu, ada isu lain yang diatasi terkait dengan fitur Samsung Dex.

Selain seri Galaxy S23, Galaxy S22, dan Galaxy S21, Samsung juga menggulirkan update keamanan Januari ini ke beberapa pernagkat lain, yakni Galaxy Z Flip 5, Galaxy Z Fold 5, Galaxy Z Flip 4, Galaxy Z Fold 4, Galaxy A52, dan Galaxy Note 20.

Mengingat update keamanan ini tidak bisa diunduh secara otomatis, pengguna harus melakukannya dengan mengakses menu Settings, lalu pilih Software Update.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Samsung Munculkan Doctor Strange di Sphere Las Vegas Jelang Rilis Galaxy AI

Di sisi lain, menyambut peluncuran Galaxy AI yang sebentar lagi, Samsung menggandeng Marvel Studios untuk "menghadirkan" Doctor Strange di arena musik dan hiburan Sphere, Las Vegas, Amerika Serikat.

Atraksi ini dipamerkan oleh Samsung di Sphere Las Vegas pada 8 Januari 2024 yang lalu.

Dalam kesempatan itu, Samsung mengambil alih tampilan LED raksasa, dan menghadirkan langit-langit Las Vegas dengan gemerlap, diikuti karakter Doctor Strange yang membentuk lingkaran portalnya.

Menurut perusahaan, seperti dikutip dari siaran pers, Sabtu (13/1/2024) "sama seperti Galaxy AI, portal tersebut siap membawa berbagai pengalaman baru bagi pengguna ke mobile experience yang belum pernah dirasakan sebelumnya."

Dalam video resmi yang dirilis Samsung, animasi Doctor Strange yang keluar dari Sphere menggerakkan tangannya melingkari satu objek ke objek yang lain di sekitarnya, lalu memberikan informasi mengenai objek tersebut.

3 dari 4 halaman

Kolaborasi Samsung dengan Marvel

Verry Octavianus, MX Product Marketing Senior Manager, Samsung Electronics Indonesia menyebut, atraksi ini membuat penasaran soal kecanggihan apa yang akan dihadirkan Samsung di smartphone pertama mereka, yang didukung Galaxy AI.

"Dilihat dari experience tersebut, kamu nantinya bisa merasakan pengalaman seolah seperti Doctor Strange, dengan lingkaran yang akan membuka cara baru bagi pengguna dalam mencari suatu informasi yang dukungan oleh AI," kata Verry.

Kehadiran Doctor Strange di Las Vegas ini juga merupakan bagian dari kolaborasi Samsung dengan Marvel Studios, yang menghadirkan serial What If…?Season 2 yang ditayangkan di Disney Plus.

Adapun, Perusahaan asal Korea Selatan ini menyebut kehadiran AI yang bakal mereka bawa di smartphone barunya, akan membawa "evolusi signifikan pada bagaimana cara generasi masa kini memakai telepon genggamnya."

Tren penggunaan AI juga banyak dirasakan belakangan ini, mulai dari generative AI pada berbagai platform, hingga photo processing yang populer di media sosial sebagai bentuk ekspresi diri.

Samsung pun menilai, di era serba cepat ini, anak muda butuh smartphone praktis yang punya berbagai fitur mumpuni, untuk memangkas waktu kerja hingga aktivitas lainnya, baik di dunia digital ataupun secara langsung.

4 dari 4 halaman

Samsung Buka Pre-order HP dengan Galaxy AI

Samsung sendiri baru saja membuka pre-order HP Android baru mereka, yang menghadirkan pengalaman mobile Galaxy AI mulai Kamis, 18 Januari 2024 pukul 01.00 WIB di samsung.com/id.

"Di acara Galaxy Unpacked tanggal 18 Januari 2024 pukul 01.00 WIB, kami akan mengumumkan produk terbaru dengan Galaxy AI," ungkap Verry Octavianus, Kamis (11/1/2024).

Ia menjelaskan smartphone ini didukung oleh AI on-device yang dikembangkan Samsung dan AI berbasis cloud dari kolaborasi perusahaan dengan pemimpin industri yang memiliki pikiran serupa.

"Galaxy AI akan mengubah pengalaman mobile sehari-hari,” ujar Verry menambahkan.

Verry menyebut bakal ada tambahan benefit istimewa berupa layanan proteksi Samsung Care+ selama dua tahun senilai hingga Rp 2,4 juta, mulai 3 Januari dan akan ditutup tepat pukul 00.00 WIB, 18 Januari 2024 di samsung.com/id.

Berdasarkan sejumlah kabar yang beredar, HP Android terbaru yang akan mendapatkan dukungan Galaxy AI itu adalah Samsung Galaxy S24 Series.

Samsung Galaxy S24 Series dijadwalkan bakal meluncur pada 17 Januari 2024 di gelaran Galaxy Unpacked 2024 di San Jose, California, Amerika Serikat.

Di Indonesia, siaran langsung peluncuran Samsung Galaxy S24 Series bisa disaksikan pada 18 Januari 2024 pukul 01.00 WIB.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.