Sukses

Top 3 Tekno: HP Tak Bisa Pakai WhatsApp hingga Pentingnya Matematika untuk Talenta Digital

Daftar smartphone yang tak bisa lagi mengakses WhatsApp menarik perhatian pembaca kanal Tekno Liputan6.com, selain itu informasi seputar Galaxy A15 hingga pentingnya matematika dan bahasa Inggris untuk menjadi talenta digital juga bikin pembaca penasaran.

 

Liputan6.com, Jakarta - Kabar tentang WhatsApp hampir selalu membuat penasaran. Pasalnya, WhatsApp kini diakses oleh miliaran pengguna di seluruh dunia.

Informasi tentang smartphone tak bisa pakai WhatsApp di tahun 2024 menjadi artikel yang paling banyak dibaca oleh pembaca kanal Tekno Liputan6.com, Sabtu 13 Januari 2024.

Para pembaca penasaran di tahun ini, HP apa saja yang tak akan lagi bisa mengakses layanan pesan milik Meta.

WhatsApp sendiri memang telah mengumumkan kalau maksimal sistem operasi Android untuk mengakses layanannya adalah Android 5.0 atau yang lebih baru.

Sementara, untuk perangkat berbasis iOS, WhatsApp mempersyaratkan iPhone minimal menggunakan iOS 12 ke atas untuk bisa mengakses layanan WhatsApp.

Selain informasi tentang daftar HP yang tidak bisa lagi mengakses WhatsApp di tahun 2024, artikel mengenai Samsung Galaxy A15 dan A15 5G juga membuat penasaran pembaca.

Apalagi, HP ini belum lama dirilis dengan harga mulai Rp 2 jutaan dan memiliki RAM dan memori besar serta deretan fitur lain.

Lalu, artikel lain yang juga banyak membuat pembaca penasaran adalah pernyataan dari Wamenkominfo Nezar Patria tentang pentingnya matematika dan bahasa Inggris jika seseorang ingin memiliki talenta digital.

Berikut adalah informasi selengkapnya tentang tiga artikel yang banyak mendapatkan sorotan di kanal Tekno Liputan6.com, Sabtu (13/1/2024).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

1. Deretan Smartphone Ini Tak Bisa Lagi Pakai WhatsApp pada 2024

Aplikasi pesan milik Meta ini setiap tahunnya selalu menginformasikan versi sistem operasi perangkat Android dan iOS yang dapat menjalankan layanannya yang semakin penuh fitur.

Untuk tahun 2024 ini, WhatsApp menyebutkan kalau layanannya akan mendukung perangkat iOS 12 atau yang lebih baru.

Sementara untuk perangkat Android, WhatsApp menyebut layanannya bisa diakses pengguna yang memakai software Android 5.0 atau yang lebih baru.

Sementara untuk sistem operasi lain lain yang didukung adalah KaiOS 2.5.0 dan yang lebih baik, termasuk di antaranya JioPhone dan JioPhone 2.

Meski begitu, WhatsApp merekomendasikan pengguna untuk memakai versi paling baru dari sistem operasi Android atau iOS untuk dapat menggunakan WhatsApp.

Berikut adalah daftar smartphone tak bisa akses WhatsApp di 2024, dikutip dari berbagai sumber:

Simak artikel selengkapnya di sini.

3 dari 4 halaman

2. Samsung Galaxy A15 Harga Mulai Rp 2 Jutaan

Samsung kembali menambah portofolio smartphone mereka di Indonesia, dengan merilis dua model Galaxy A15 Series, yaitu Galaxy A15 dan Galaxy A15 5G.

Galaxy A15 dan Galaxy A15 5G menawarkan berbagai keunggulan dengan harga terjangkau, mulai dari layar Super AMOLED, baterai 5.000 mAh, hingga fast charging 25W.

Seperti seri-seri Galaxy A sebelumnya, Samsung memang tidak ingin membuat ponsel ramah di dompet ini terlihat "murahan".

Namun sebelum membahas lebih jauh dari sisi spesifikasi, berapa harga Galaxy A15 5G dan A15 ini di pasaran Tanah Air?

Harga Galaxy A15

  • 128GB - Rp 2.899.000
  • 256GB - Rp 3.299.000

Harga Galaxy A15 5G

  • 256GB - Rp 3.599.000

Terlihat, Galaxy A15 Series memiliki desain stylish dan modern. Baik Galaxy A15 dan A15 5G tersedia dalam tiga pilihan warna, yaitu Yellow, Blue, dan Blue Black.

Untuk urusan fotografi, duo Samsung A15 menggunakan kamera belakang 50MP (wide), 5MP (ultrawide), dan 2MP (makro). Sementara untuk selfie-nya pakai lensa 13MP.

Simak artikel selengkapnya di sini.

4 dari 4 halaman

3. Wamenkominfo: Matematika dan Bahasa Inggris Penting Buat Jadi Talenta Digital

Wakil Menteri Komunikasi dan Informatika (Wamenkominfo) Nezar Patria menyebut dua ilmu yang penting, apabila anak muda ingin menjadi talenta digital.

Menurut Nezar, pada Kamis pekan ini, matematika dan bahasa Inggris saat ini menjadi kunci perkembangan teknologi di era digital.

"Selain Matematika, Bahasa Inggris juga memegang peranan krusial di era teknologi digital global," ujarnya dalam sambutan Penyerahan Hadiah National Math & English Olympiad ULBI di Bandung.

Nesar mengatakan, ada tiga peranan krusial dari dua bidang studi tersebut, dalam perkembangan transformasi digital.

Pertama, kata Nezar, logika, operasi, dan simbol matematika merupakan dasar dari programming, coding, serta pengembangan algoritma yang membuat teknologi digital dapat bekerja.

Simak artikel selengkapnya di sini. 

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.